Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Posted at 20 May 2022
Last updated at 23 Nov 2023

Jika anda seorang pebisnis, cepat atau lambat anda akan dihadapkan pada pilihan untuk berpartisipasi di pameran. Selain untuk menarik perhatian calon konsumen yang terus berdatangan, pameran juga berguna untuk meninggalkan kesan positif kepada industri yang akan anda geluti dalam beberapa tahun kedepan. Itulah kenapa, desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Menurut hasil riset, seseorang hanya mempunyai waktu 3 detik untuk menarik perhatian orang yang lewat di depan booth pameran anda. Dan perhatian tersebut sangatlah vital. Ini bisa bermakna ganda, hilangnya angka penjualan atau permulaan sebuah ikatan bisnis jangka panjang. Kunci utamanya adalah presentasi dari booth pameran anda. Dekorasi booth harus berbeda dengan yang lain dan tentunya menarik perhatian, mulai dari imej brand, warna dan pencahayaan product display.

Agar mendapatkan efek maksimal dari booth pameran anda, ini beberapa hal yang perlu anda garis bawahi.

Ukuran
Hal yang perlu dipertimbangkan sejak awal ketika anda mendekorasi booth adalah ukuran. Booth pameran biasanya memiliki ukuran 10 x 10 kaki, walaupun ini bisa sangat dipengaruhi oleh ukuran tempat. Perusahaan atau organisasi yang memiliki anggaran lebih biasanya bisa menyewa ruang untuk 2 sampai 3 booth pameran, memberikan efek yang signifikan dan kemungkinan dekorasi yang lebih beragam. Selain ukuran, lokasi booth pameran juga menjadi kunci.

Biasanya, booth pameran terletak di sepanjang lorong dan dipisahkan dengan booth lain dengan gorden. Sementara itu, booth yang ada di persimpangan menawarkan visibilitas, karena bisa menjadi display dua sisi. Entah di manapun posisi yang anda 'pilih', pastikan bahwa booth pameran anda fokus untuk menarik perhatian dari orang yang lewat dengan dekorasi yang membedakan anda dengan booth pameran lainnya.

Gunakan kalimat yang jelas dan menarik
Sebagai aturan praktis, cobalah untuk membuat tagline 6 kata yang dapat ditafsirkan pembaca dalam waktu 3 detik. Jangan membuatnya terlalu abstrak! Anda juga bisa memasukkan nama brand setelah tagline, karena pada akhirnya akan lebih efektif dalam menarik orang. Dengan menyatakan secara jelas tentang brand Anda, Anda juga akan menemukan bahwa orang-orang yang memasuki gerai Anda adalah peserta yang benar-benar tertarik dengan brand/produk Anda.

Gunakan gambar secukupnya
Terlepas dari logo perusahaan Anda, cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak gambar di sekitar stan. Yang Anda perlukan hanya gambar yang dapat memberikan dampak dalam satu atau dua detik karena hanya itu yang harus dilirik orang. Untuk memamerkan foto atau gambar lainnya, Anda dapat membuat katalog.

Gunakan ketinggian untuk menarik pengunjung
Anda mungkin perlu memiliki tiga jenis grafik utama, tergantung pada seberapa jauh peserta dapat berdiri dari stan Anda: jarak jauh, jarak menengah, dan jarak pendek. Anda harus menempatkan grafik jarak jauh setinggi mungkin dalam batas regulasi pameran. Grafik jarak menengah berada di atas ketinggian mata, sekitar 6-8 kaki di atas lantai, sedangkan jarak dekat adalah 5-6 kaki di atas lantai.

Pastikan teks Anda terbaca
Font Sans-serif seperti Helvetica umumnya dianggap yang paling mudah dibaca. Meskipun demikian, panduan gaya dari brand Anda yang paling menentukan dari keputusan pemilihan jenis font ini, tetapi ingatlah untuk tidak menggunakan lebih dari 2 atau 3 font yang berbeda secara bersamaan. Adapun ukuran yang baik adalah menambahkan satu inci ke font untuk setiap kaki yang akan berdiri. Jika Anda ingin pengunjung membaca teks Anda dengan nyaman dari jarak 10 kaki, misalnya, tambahkan 10 inci ke ukuran font.

Perencanaan
Aula ekshibisi atau pameran biasanya dilengkapi dengan perusahaan dekorasi yang menangani pemasangan booth dan penyewaan berbagai alat seperti meja, kursi karpet dan pencahaayaan. Biasanya para ekshibitor mendapatkan katalog tentang tema acara, warna yang ditawarkan, gaya, kain hingga pilihan pencahayaan. Selain itu, biasanya perusahaan dekorsau juga menyediakan ahli pasar dan memberikan masukan desain booth pameran yang seperti apa yang akan menarik perhatian konsumen potensial.

Itulah beberapa hal yang perlu anda garisbawahi agar mendapatkan efek maksimal dari booth pameran anda. Selain beberapa hal di atas, masih ada faktor lainnya, yaitu warna dan logo, displays dan juga visual aids. Untuk memahami bagaimana cara membuat booth pameran yang efektif, tetap stay tune di web Quickprint Indonesia untuk update selanjutnya!

TAGS : design booth event exhibition tips

Hubungi Kami

Tim kami siap membantu Anda dalam setiap langkah, dari konsep hingga realisasi, memastikan bahwa armada kendaraan Anda menjadi aset pemasaran yang berharga bagi bisnis Anda.


atau hubungi kami melalui

Recent Articles
Mengenal Perbedaan POP dan POSM

04 Dec 2024

Totem, Promosi Praktis di Berbagai Event

07 Oct 2024

Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

30 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker Sandblast Solusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

04 Mar 2024

Mannequin Stage

Manekin stage, sebagai bentuk promosi inovatif, telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam menarik perhatian konsumen.

27 Feb 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

Apakah Anda gemar mengoleksi stiker untuk ditempelkan di berbagai media? Jika ya, mungkin Anda sudah tidak asing dengan jenis stiker ritrama yang sangat populer.

02 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

Artikel ini membahas sepuluh alasan mengapa branding memegang peranan penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah bisnis.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below