Memiliki bisnis adalah tentang memahami karakter orang, rasa frustasi, kebutuhan dan keinginan serta tentunya, bagaimana cara menyenangkan mereka. Itulah kenapa membangun koneksi dengan konsumen, baik online maupun offline, penting untuk bisnis Anda. Tips teruji di bawah ini bisa membantu Anda membangun koneksi dengan konsumen, memperkuat hubungan dan pada akhirnya, membantu mengembangkan bisnis Anda.
Hampir setiap diskusi tentang networking di zaman modern berfokus kepada media sosial, dan ini berdasarkan alasan yang bagus: sulit untuk menjalani bisnis kecil tanpa keberadaan citra internet yang menarik.
Laman web Anda harus bersih dan mudah untuk dinavigasikan, dan profil media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram harus diperbaharui secara reguler serta memberikan informasi kontak yang jelas.
Anda harus bisa menjelaskan secara cepat dan jelas apa yang membuat bisnis Anda unik dan kenapa orang harus memilih Anda daripada para kompetitor. Jangka waktu yang ada juga relatif singkat yaitu 30-60 detik. Ini sangat penting disiapkan terutama jika Anda sering pergi ke acara atau trade show secara spontan.
Sayangnya, sulit untuk bertemu langsung dengan orang-orang dari kursi kerja Anda yang nyaman. Sarapan, makan siang, trade show, konferensi dan seminar adalah beberapa contoh acara yang bisa Anda maksimalkan untuk berkoneksi.
Bahkan jika Anda tidak memiliki trade show booth, penting untuk selalu menyediakan kartu nama dan bergaul dengan kerumunan.
Sebagai pemilik sebuah bisnis skala kecil, setiap kali Anda berinteraksi dengan orang lain adalah peluang untuk membangun relasi. Siapkan materi pitching Anda dan kartu nama atau hadiri acara apapun termasuk acara olahraga, karena Anda tidak pernah tahu kapan bertemu dengan konsumen potensial.
Bahkan jika Anda tidak memiliki toko atau dengan kata lain, berbisnis via online, Anda masih bisa terlibat dengan komunitas lokal dan memperkuat reputasi bisnis Anda. Pikirkan untuk menghadiri acara lokal atau berpartisipasi di acara penggalangan dana. Menjadi aktif di komunitas Anda akan membuat bisnis Anda dalam aura yang positif.
Penjualan atau koneksi tidak harus selalu berakhir dengan pembelian atau percakapan. Pastikan untuk follow up dengan menelepon atau email untuk berterima kasih kepada orang tersebut sekaligus mengingatkan mereka tentang keuntungan dari bisnis Anda berikan.
Membangun relasi tidak selalu membawa hasil yang instan, namun tetap menjadi aktivitas penting untuk segala jenis bisnis, terutama bisnis dalam skala kecil. Hal yang sama berlaku dengan membuat materi promosi berkualitas terbaik yang juga merupakan aktivitas penting. Untuk hal yang terakhir, Quickprint Indonesia sebagai jasa digital printing terbaik dengan senang hati membantu Anda.