Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Cutting Sticker

01 Feb 2019 Article

Apa itu cutting sticker?
Secara sederhana, cutting sticker adalah sticker yang dibuat dengan cara memotong atau bisa juga disebut teknik pemotongan bahan sticker dengan desain yang diinginkan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai alat utama.
 
Lalu, apa perbedaan cutting sticker dan printing sticker?
 
Segi desain
Untuk desain, cutting sticker diharuskan dibentuk vector satu garis karena mesin yang digunakan hanya bisa memotong. Sementara untuk printing sticker, semua jenis format dokumen bisa diproses dan satu hal yang perlu anda garisbawahi adalah semakin besar dimensi desain maka semakin bagus juga hasil cetakannya.
 
Segi harga
Untuk harga, cutting sticker biasanya lebih mahal karena di beberapa tempat, proses cutting sticker menggunakan cara manual. Pekerjaan manual yang dimaksud adalah proses mengelupas bagian sticker yang tidak penting, proses ini membutuhkan kejelian dan ketelitian yang tinggi. Sementara harga printing sticker lebih murah, ini karena proses cetak sticker hanya perlu menunggu sampai proses pencetakan selesai.
 


Warna
Untuk warna, cutting sticker terbatas hanya di warna-warna yang solid atau non gradasi, namun Anda bisa juga menyiasatinya dengan teknik puzzle, seperti menggunakan aplikasi CorelTrace. Sementara untuk warna dari printing sticker hampir tidak ada masalah, mulai dari proses warna hingga gradasi warna bisa Anda cetak. Jadi jika Anda menginginkan variasi warna, printing sticker bisa jadi pilihan Anda.
Tapi, ini bukan berarti bahwa cutting sticker tidak memiliki keunggulan. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh cutting sticker adalah:
 
  • Sticker cutting seperti scotlite atau fosfor bisa berpendar dalam kondisi pencahayaan yang minim, sedangkan pada printing sticker tidak ditemukan jenis yang seperti ini.
  • Dibandingkan dengan printing sticker, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak gampang pudar.
  • Sticker cutting merupakan jenis contour cut yang artinya bentuk dan desain sticker adalah bentuk seutuhnya dari sticker itu sendiri, sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis digital printing sticker, hasil akhir biasanya berupa lembaran berbentuk kotak atau persegi panjang.



 
Perbedaan spesifikasi mesin
 
Mesin cutting sticker
Sesuai dengan namanya, mesin cutting sticker adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memotong kertas sticker terutama atau jenis kertas lainnya dengan catatan memiliki kontur yang serupa. Selain dikenal dengan nama mesin cutting sticker, mesin ini juga dikenal dengan nama lain seperti cutting plotter, alat potong sticker hingga vinyl cutter.
Mesin cutting sticker sendiri merupakan mesin atau alat yang bisa digunakan untuk memotong bahan sticker seperti HVS, vinyl, scotlite sticker untuk motor, sticker mobil, sticker dinding hingga sticker kaos. file yang telah disiapkan harus dilengkapi dengan garis outline sehingga desain tidak mengalami salah potong.
Hal yang perlu digarisbawahi juga dari cutting sticker adalah jumlah warna. Faktor jumlah warna yang digunakan akan menentukan berapa lama proses pengerjannya. Jika di dalam cutting sticker terdapar 3 warna, berarti waktu pengerjaannya dikalikan 3.
Sticker hasil cutting sticker juga merupakan jenis sticker yang contour cut yang artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri, sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media.
 
Mesin print-cut sticker
Mesin yang digunakan dalam pembuatan print to cut sticker atau print-cut sticker. Setelah mencetak desain yang Anda inginkan, biasanya proses dilanjutkan dengan memotong bagian yang ingin dipotong hingga desain yang Anda inginkan akan tercapai.
Selain dilengkapi dengan knife holder, mesin ini juga memiliki head tinta lengkap dengan cartridge dan tabungnya. Cartridge dan tabung ini nantinya akan diisi oleh tinta solvent karena jenis tinta ini memberikan hasil yang awet dan kuat.
Mesin printing sticker atau print-cut sticker dapat menggunakan warna gradasi karena pada dasarnya print-cut sticker adalah sticker cetak yang dipotong. Untuk menjaga warna sticker agar lebih awet, biasanya sticker yang dicetak akan diberikan laminasi atau finishing agar terlindungi.

TAGS : digital printing sticker fun facts

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below