Jika Anda sering mengunjungi pameran dagang atau trade show, Anda pasti sering menemukan bangunan sementara tempat salesman atau pemasar menawarkan dan menjelaskan sebuah produk. Jika Anda belum mengetahui apa nama 'bangunan' tersebut, maka Anda bisa menyebutnya dengan nama trade show booth atau booth saja.
Jadi, booth merupakan sebuah panggung kecil beserta aksesoris seperti 3D fan hologram, LED TV, acrylic display hingga roll up banner yang digunakan sebagai ajang promosi produk, jasa maupun branding perusahaan pada sebuah acara, umumnya trade show.
Booth biasanya diproduksi untuk dipasang hanya pada satu atau dua acara karena sifatnya yang musiman. Seiring dengan keberadaan teknologi yang sudah semakin mapan dan berkembang, maka semakin banyak juga model dan bentuk dari booth itu sendiri. Namun, eksperimen booth harus dibatasi oleh sebuah perusahan, karena bagaimanapun, sebagai materi promosi, booth pameran Anda juga harus menyesuaikan dengan identitas perusahaan. itu kenapa, sebuah booth pameran memiliki dua tujuan utama, yaitu:
Digunakan di berbagai bisnis di trade show menjadi indikasi kuat betapa banyaknya manfaat yang diberikan oleh booth. Lalu apa sajakah keuntungan dari booth itu sendiri?
Melihat deskripsi dan keuntungan outdoor booth, maka hal selanjutnya adalah memahami bagaimana mendesain sebuah booth, berikut 5 tips sederhana yang perlu Anda pahami.
-
Selain harus memunculkan identitas perusahaan, bentuk booth pameran Anda harus unik dan memunculkan sifat khas produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga Anda bisa memenangkan hati konsumen
-
Booth yang bagus adalah yang mempunyai warna yang mencolok karena warna yang mencolok bisa menarik perhatian pengunjung dan mencari tahu tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dua hal yang harus Anda garisbawahi adalah warna yang Anda pilih harus menyesuaikan dengan warna perusahaan Anda dan yang kedua, hindari pemilihan warna yang 'norak'
-
Pada dasarnya, ada perbedaan yang cukup mendasar pada jenis stand yang berbeda dan cukup beragam. Ada tipe booth seperti yang sudah Anda kenal dan ada tipe lain seperti bentuk gerobak. Perbedaannya, tipe gerobak bisa dipindahkan sementara yang berbentuk booth biasanya 'permanen.'
-
Selain memberikan dampak positif, trade show juga memiliki satu 'kekurangan' yaitu permintaan desain booth yang atraktif semakin tinggi yang menjadi indikator bahwa persaingan bisnis sudah semakin ketat. Maka, desain booth yang ada harus berbeda sekaligus membuat orang penasaran sehingga orang akan membeli/menyewa produk/jasa yang Anda tawarkan.
-
Membuat desain booth secara proses tentu lebih sederhana. Namun, dalam beberapa kasus, desain booth harus menunjang keperluan Anda, sehingga perlu menggunakan desain yang rumit. Jenis produk akan memengaruhi desain booth akhir yang akan Anda gunakan.