Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Exhibition Booth

Posted at 20 Feb 2019
Last updated at 24 Nov 2023

Apa itu booth?
 
Jika Anda sering mengunjungi pameran dagang atau trade show, Anda pasti sering menemukan bangunan sementara tempat salesman atau pemasar menawarkan dan menjelaskan sebuah produk. Jika Anda belum mengetahui apa nama 'bangunan' tersebut, maka Anda bisa menyebutnya dengan nama trade show booth atau booth saja.
Jadi, booth merupakan sebuah panggung kecil beserta aksesoris seperti 3D fan hologram, LED TV, acrylic display hingga roll up banner yang digunakan sebagai ajang promosi produk, jasa maupun branding perusahaan pada sebuah acara, umumnya trade show.
 
 
Booth biasanya diproduksi untuk dipasang hanya pada satu atau dua acara karena sifatnya yang musiman. Seiring dengan keberadaan teknologi yang sudah semakin mapan dan berkembang, maka semakin banyak juga model dan bentuk dari booth itu sendiri. Namun, eksperimen booth harus dibatasi oleh sebuah perusahan, karena bagaimanapun, sebagai materi promosi, booth pameran Anda juga harus menyesuaikan dengan identitas perusahaan. itu kenapa, sebuah booth pameran memiliki dua tujuan utama, yaitu:
 
  1. Memanfaatkan semua aspek desain dan visual untuk berkomunikasi, serta membangun suasana yang bersahabat untuk para penunjung
  2. Membangun imej atau branding perusahaan dan menjual produk serta jasa.

 
Keuntungan Booth
Digunakan di berbagai bisnis di trade show menjadi indikasi kuat betapa banyaknya manfaat yang diberikan oleh booth. Lalu apa sajakah keuntungan dari booth itu sendiri?
 
  1. Seperti materi promosi lain, booth sering digunakan sebagai promosi produk/jasa serta membangun brand awareness perusahaan
  2. Booth juga digunakan untuk membangun korespondensi yang lebih dekat kepada konsumen yang telah ditargetkan
  3. Sebagai perwakilan atau representasi perusahaan
  4. Efisiensi biaya karena trade show yang membutuhkan keberadaan booth terbukti 3 kali lipat lebih efeketif jika dibandingkan dengan teknik promosi lain, seperti sales call.
  5. Sebagai salah satu media pemasaran, booth ternyata berada di posisi kedua sebagai media pemasaran yang paling berguna, di atas sales person, convention dan direct mail.


Tips desain sebuah booth
Melihat deskripsi dan keuntungan outdoor booth, maka hal selanjutnya adalah memahami bagaimana mendesain sebuah booth, berikut 5 tips sederhana yang perlu Anda pahami.
 
  1. Selain harus memunculkan identitas perusahaan, bentuk booth pameran Anda harus unik dan memunculkan sifat khas produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga Anda bisa memenangkan hati konsumen
  2. Booth yang bagus adalah yang mempunyai warna yang mencolok karena warna yang mencolok bisa menarik perhatian pengunjung dan mencari tahu tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dua hal yang harus Anda garisbawahi adalah warna yang Anda pilih harus menyesuaikan dengan warna perusahaan Anda dan yang kedua, hindari pemilihan warna yang 'norak'
  3. Pada dasarnya, ada perbedaan yang cukup mendasar pada jenis stand yang berbeda dan cukup beragam. Ada tipe booth seperti yang sudah Anda kenal dan ada tipe lain seperti bentuk gerobak. Perbedaannya, tipe gerobak bisa dipindahkan sementara yang berbentuk booth biasanya 'permanen.'
  4. Selain memberikan dampak positif, trade show juga memiliki satu 'kekurangan' yaitu permintaan desain booth yang atraktif semakin tinggi yang menjadi indikator bahwa persaingan bisnis sudah semakin ketat. Maka, desain booth yang ada harus berbeda sekaligus membuat orang penasaran sehingga orang akan membeli/menyewa produk/jasa yang Anda tawarkan.
  5. Membuat desain booth secara proses tentu lebih sederhana. Namun, dalam beberapa kasus, desain booth harus menunjang keperluan Anda, sehingga perlu menggunakan desain yang rumit. Jenis produk akan memengaruhi desain booth akhir yang akan Anda gunakan.

TAGS : exhibition booth branding fun facts tips

Hubungi Kami

Tim kami siap membantu Anda dalam setiap langkah, dari konsep hingga realisasi, memastikan bahwa armada kendaraan Anda menjadi aset pemasaran yang berharga bagi bisnis Anda.


atau hubungi kami melalui

Recent Articles
Mengenal Perbedaan POP dan POSM

04 Dec 2024

Totem, Promosi Praktis di Berbagai Event

07 Oct 2024

Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

30 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker Sandblast Solusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

04 Mar 2024

Mannequin Stage

Manekin stage, sebagai bentuk promosi inovatif, telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam menarik perhatian konsumen.

27 Feb 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

Apakah Anda gemar mengoleksi stiker untuk ditempelkan di berbagai media? Jika ya, mungkin Anda sudah tidak asing dengan jenis stiker ritrama yang sangat populer.

02 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

Artikel ini membahas sepuluh alasan mengapa branding memegang peranan penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah bisnis.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below