Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Foamboard dan Berbagai Spesifikasinya

22 Jan 2019 Article

Foamboard atau foamcore board adalah material yang kuat dan ringan sekaligus mudah untuk dipotong dengan pisau atau alat pemotong. Dengan dua kelebihan di atas, materi ini biasanya digunakan sebagai medium printing atau bisa juga digunakan di fotografi sebagai bagian dari pigura. Bentuknya yang mudah untuk di-custom membuat foamboard juga bisa digunakan untuk kebutuhan desain interior atau model arsitektur.
 
Foamboard sendiri terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan dalam yang terbuat dari polystyreme atau polyurethane, foam atau busa yang paling luar di dua sisi bisa menggunakan kertas white clay coated, cotton archival atau kertas brown kraft.
 
Sejak awal kemunculannya, papan foamcore dibuat dengan ketebalan 1/8 inci (3mm) dan 3/16 inci (5mm). Sekarang, foamcore populer digunakan untuk frame gambar, dengan berbagai kualitas yang berbeda dari beragam pabrikan. Agar Anda mendapatkan pencerahan, berikut beberapa hal yang perlu Anda garisbawahi terkait hal teknis tentang foamboard.

Clay-coated foamcore
Tipe foamboard atau foamcore yang satu ini terkesan eksklusif karena tidak cocok pada beberapa tipe jenis cat dan lem, salah satu contohnya adalah superglue. Larutan yang terkandung di beberapa cat atau lem akan mengancurkan foam yang akan membuat keseluruhan struktur foamcore akan semakin lemah.
 
Ukuran foamboard
Seperti materi lainnya, foamboard memiliki banyak spesifikasi mulai dari ukuran, potongan hingga ketebalan.


 
  1. Materi foamboard terdiri dari empat ukuran besar yaitu: 8' x 4', 60" x 40", 48" x 36" dan 40" x 32"
  2. Metrik yang setara dengan ini adalah: 2440 x 1220mm, 1524 x 1015mm, 1220 x 915mm dan 1015 x 813mm
  3. Ketebalan umum dari foamcore adalah 3mm, 5mm, 10mm hingga 20mm
  4. Tiga papan dengan ketebalan 3mm, 5mm dan 10mm biasanya tersedia dalam warna hitam atau putih.
  5. Foamboard yang telah ada biasanya akan dipotong menjadi ukuran standar A, yaitu A4 foamboard, A3 foamboard, A2 foamboard, A1 foamboard dan A0 foamboard.
Seperti vinyl sticker yang merupakan jenis sticker, atau vinyl banner yang menjadi bagian dari banner, foamboard atau foamcore juga memiliki berbagai spesifikasi dan tipe yang harus Anda pahami guna menghindari kesalahan fatal terkait materi promosi Anda seperti POP display atau materi lain yang menggunakan foamboard sebagai bahan utamanya. Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi, jangan ragu untuk menghubungi Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

TAGS : display system fun facts

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below