Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2025 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Iklan Cetak yang Bertahan Lama

Posted at 10 May 2019
Last updated at 27 Nov 2023

Dalam dunia digital yang sudah semakin populer, terlalu sering kita melupakan dampak yang telah dihasilkan oleh iklan cetak atau print advertising.

Kekuatan iklan cetak
Terlepas dari perkembangan gadget dan media digital, iklan cetak masih terus hidup, berikut beberapa data yang menunjukkan bahwa iklan cetak masih begitu populer.

  • Rata-rata respon yang dihasilkan dari surat berada di kisaran 4.4.% sementara email "hanya" 0.12%
  • Kampanye online yang menawarkan katalog cetak menghasilkan keuntungan lebih banyak 163?ripada yang hanya menyediakan format digital.
  • Materi fisik melibatkan lebih banyak proses emosi di dalam otak. Ini akan meningkatkan memori dan asosiasi merek.
Jangan biarkan angka di atas mengacaukan pola pikir Anda. Walaupun iklan cetak masih menjadi andalan di dunia pemasaran, namun Anda juga tidak bisa menghilangkan sepenuhnya iklan dalam format digital. Karena studi menunjukkan bahwa kombinasi kedua channel ini akan menghasilkan lebih banyak kesuksesan.

Bagaimana melibatkan 5 indra untuk keberhasilan iklan cetak
Studi menunjukkan bahwa banyak orang akan lebih mudah mengingat jika diberikan iklan dengan kombinasi 5 indra, dan iklan cetak menyediakan kreativitas tanpa batas untuk hal ini.

Pengelihatan
Mulai dengan apa yang audiens Anda lihat. Anda secara umum akan menggabungkan fitur di bawah ini:
  • Gambar
  • Huruf
  • Warna
  • Logo Anda
  • Kalimat
  • Ukuran
  • Layout
Sentuhan
Menggabungkan berat, tekstur dan material yang berbeda bisa memengaruhi bagaimana konsumen melihat brand dan kualitas produk Anda. Contohnya, sebuah kertas linen atau sutra mungkin memberikan kesan profesional dan citra merek yang mewah. Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen sentuh di bawah ini untuk materi cetak Anda:
  • Foil
  • Embossing
  • Vellum
  • Spot varnish
  • Lipatan
  • Goresan laser
Hal terdekat yang bisa dilakukan media digital ketika berbicara sentuhan adalah menciptakan penampilan bertekstur, tapi tentunya tidak bisa dibandingkan dengan sentuhan atau memegang sesuatu secara langsung.

Penciuman
Sampai komputer bisa meninggalkan aroma, media digital tidak akan mampu berbicara banyak tentang aroma di dunia pemasaran. Di industri iklan cetak, banyak perusahaan parfum telah menggunakan aroma selama beberapa dekade untuk memberikan sampel di majalah. Tapi, jika Anda tidak menjual aroma, anda masih bisa memaksimalkan aroma dalam dunia pemasaran dengan tips di bawah ini:
  • Stiker yang dikelupas dan bisa dihirup
  • Kartu dan pengemasan dengan aroma

Suara
Iya, anda bisa mencetak materi promosi dengan suara, tanpa memerlukan alat audio. Pikirkan tentang bagaimana suara brosur jatuh di meja, halaman yang terbuka satu per satu, membuka sebuah paket atau amplop hingga bagaimana suara materi pengemasan Anda setelah dikeluarkan dari boks. Hal ini mungkin bukan menjadi esensi bagi iklan cetak, tapi juga menjadi bagian dari materi cetak yang ada.

Suara seperti bubble wrap, tisu hadiah dan suara amplop dibuka memiliki ciri khas tertentu atau dengan kata lain, kita semua tahu bagaimana suaranya. Ketika Anda memilih kemasan produk cetak atau materi pengemasan, pertimbangkan bagaimana Anda bisa menggunakan suara natural sebagai alat branding.

Rasa
Tidak, konsumen Anda tidak perlu memakan kertas untuk merasakan bagaimana rasanya. Banyak perusahaan menggunakan gambar makanan atau minuman yang didesain secara hati-hati untuk meningkatkan rasa lapar Anda. Rasa dan aroma berkaitan satu sama lain, sehingga dengan melibatkan aroma Anda juga hampir bisa melibatkan rasa juga.

Dengan kata lain, rasa dan aroma saling berhubungan, jadi dengan melibatkan aroma, maka Anda juga bisa memancing rasa yang ada.

Kesimpulan
Selama pengiriman dan pengemasan dan kreativitas ada, Anda akan mempunyai peluang untuk iklan cetak agar memberikan dampak. Cara terbaiknya adalah dengan menggabungkan strategi pemasaran cetak dan digital untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh.

TAGS : advertising offline

Hubungi Kami

Tim kami siap membantu Anda dalam setiap langkah, dari konsep hingga realisasi, memastikan bahwa armada kendaraan Anda menjadi aset pemasaran yang berharga bagi bisnis Anda.


atau hubungi kami melalui

Recent Articles
Building Wrap: Teknik Promosi Film 'Rampage' yang Bikin Takjub.

30 May 2025

Kami Hadirkan Branding Event Kelas Dunia.

05 May 2025

Exhibition Booth: Strategi Cerdas Meningkatkan Brand Awareness di Event.

30 Apr 2025

Pernah dengar Thematic Display Booth?

21 Apr 2025

Mengenal Perbedaan POP dan POSM

04 Dec 2024

07 Oct 2024

Totem, Promosi Praktis di Berbagai Event

Totem adalah salah satu media promosi yang efektif, selain untuk promosi totem juga biasa digunakan sebagai penunjuk arah

30 Apr 2024

Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

cerita tentang bagaimana Starbucks menggunakan flyer dan poster di masa-masa awal

04 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

Banner adalah media promosi yang digunakan untuk menampilkan pesan atau informasi tertentu kepada khalayak umum

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below