Dalam dunia digital yang sudah semakin populer, terlalu sering kita melupakan dampak yang telah dihasilkan oleh iklan cetak atau print advertising.
Kekuatan iklan cetak
Terlepas dari perkembangan gadget dan media digital, iklan cetak masih terus hidup, berikut beberapa data yang menunjukkan bahwa iklan cetak masih begitu populer.
- Rata-rata respon yang dihasilkan dari surat berada di kisaran 4.4.% sementara email "hanya" 0.12%
- Kampanye online yang menawarkan katalog cetak menghasilkan keuntungan lebih banyak 163?ripada yang hanya menyediakan format digital.
- Materi fisik melibatkan lebih banyak proses emosi di dalam otak. Ini akan meningkatkan memori dan asosiasi merek.
Jangan biarkan angka di atas mengacaukan pola pikir Anda. Walaupun iklan cetak masih menjadi andalan di dunia pemasaran, namun Anda juga tidak bisa menghilangkan sepenuhnya iklan dalam format digital. Karena studi menunjukkan bahwa kombinasi kedua channel ini akan menghasilkan lebih banyak kesuksesan.
Bagaimana melibatkan 5 indra untuk keberhasilan iklan cetakStudi menunjukkan bahwa banyak orang akan lebih mudah mengingat jika diberikan iklan dengan kombinasi 5 indra, dan iklan cetak menyediakan kreativitas tanpa batas untuk hal ini.
PengelihatanMulai dengan apa yang audiens Anda lihat. Anda secara umum akan menggabungkan fitur di bawah ini:
- Gambar
- Huruf
- Warna
- Logo Anda
- Kalimat
- Ukuran
- Layout
SentuhanMenggabungkan berat, tekstur dan material yang berbeda bisa memengaruhi bagaimana konsumen melihat brand dan kualitas produk Anda. Contohnya, sebuah kertas linen atau sutra mungkin memberikan kesan profesional dan citra merek yang mewah. Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen sentuh di bawah ini untuk materi cetak Anda:
- Foil
- Embossing
- Vellum
- Spot varnish
- Lipatan
- Goresan laser
Hal terdekat yang bisa dilakukan media digital ketika berbicara sentuhan adalah menciptakan penampilan bertekstur, tapi tentunya tidak bisa dibandingkan dengan sentuhan atau memegang sesuatu secara langsung.
PenciumanSampai komputer bisa meninggalkan aroma, media digital tidak akan mampu berbicara banyak tentang aroma di dunia pemasaran. Di industri iklan cetak, banyak perusahaan parfum telah menggunakan aroma selama beberapa dekade untuk memberikan sampel di majalah. Tapi, jika Anda tidak menjual aroma, anda masih bisa memaksimalkan aroma dalam dunia pemasaran dengan tips di bawah ini:
- Stiker yang dikelupas dan bisa dihirup
- Kartu dan pengemasan dengan aroma
SuaraIya, anda bisa mencetak materi promosi dengan suara, tanpa memerlukan alat audio. Pikirkan tentang bagaimana suara brosur jatuh di meja, halaman yang terbuka satu per satu, membuka sebuah paket atau amplop hingga bagaimana suara materi pengemasan Anda setelah dikeluarkan dari boks. Hal ini mungkin bukan menjadi esensi bagi iklan cetak, tapi juga menjadi bagian dari materi cetak yang ada.
Suara seperti bubble wrap, tisu hadiah dan suara amplop dibuka memiliki ciri khas tertentu atau dengan kata lain, kita semua tahu bagaimana suaranya. Ketika Anda memilih kemasan produk cetak atau materi pengemasan, pertimbangkan bagaimana Anda bisa menggunakan suara natural sebagai alat branding.
RasaTidak, konsumen Anda tidak perlu memakan kertas untuk merasakan bagaimana rasanya. Banyak perusahaan menggunakan gambar makanan atau minuman yang didesain secara hati-hati untuk meningkatkan rasa lapar Anda. Rasa dan aroma berkaitan satu sama lain, sehingga dengan melibatkan aroma Anda juga hampir bisa melibatkan rasa juga.
Dengan kata lain, rasa dan aroma saling berhubungan, jadi dengan melibatkan aroma, maka Anda juga bisa memancing rasa yang ada.
KesimpulanSelama pengiriman dan pengemasan dan kreativitas ada, Anda akan mempunyai peluang untuk iklan cetak agar memberikan dampak. Cara terbaiknya adalah dengan menggabungkan strategi pemasaran cetak dan digital untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh.
TAGS :
advertising
offline