Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Kunci Investasi Trade Show

03 May 2019 Article

Ketika merencanakan sebuah trade show, Anda sebagai peserta harus menyisihkan waktu untuk membuat kerangka yang sesuai untuk memaksimalkan hasil dari program trade show dan mendapatkan return of invesment.
Menurut studi, 20% tenaga pemasar di sebuah acara trade show tidak memiliki pemahaman jelas tentang bagaimana caranya melacak dan mengukur return of invesment atau ROI mereka.
Di artikel ini, kami akan memberikan Anda tips bagaimana cara memaksimalkan investasi Anda di trade show.
 
Bagaimana memaksimalkan trade show ROI Anda
Trade show memberikan perusahaan Anda peluang besar untuk bertemu tatap muka dengan kompetitor, klien dan prospek dalam satu ruangan.
Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dari program trade show, Anda membutuhkan pendekatan strategi yang sesuai. Di bawah ini, adalah tips bagaimana meningkatkan keberadaan Anda di trade show yang juga bisa meningkatkan trade show ROI Anda.


 
Memilih acara yang sesuai
Ada banyak trade show atau acara untuk bisnis atau niche Anda. Sangat tidak realistis untuk menghadiri satu-satu, jadi memilih yang memiliki keuntungan potensial akan membantu Anda untuk mencapai tujuan yang akan memaksimalkan potensi ROI.
Sebelum memilih acara, Anda harus secara berhati-hati membandingkan tiap acara untuk melihat siapa yang bisa memberikan Anda hasil dari investasi yang ada.
Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih acara yang berpotensi memberikan ROI:
  • Biaya yang dihabiskan untuk tampil di trade show
  • Berapa banyak konsumen potensial yang hadir di trade show pada masa lalu
  • Bagaimana kemungkinan brand, produk hingga jasa tampil beda di lantai trade show.
  • Signifikansi dari trade show kepada industri Anda
  • Lokasi dari trade show (Semakin dekat lokasi acara maka semakin sedikit barang yang dibawa dan biaya yang dihabiskan)

 
Tuan rumah acara
Mengadakan sebuah acara makan malam atau pesta adalah metode klasik untuk menciptakan peluang bertemu dengan klien atau prospek lewat cara yang lebih intim. Acara tipe ini bisa menjaga hubungan positif yang Anda telah bangun bersama klien, selain tentunya memperkuat brand Anda di pikiran klien prospektif.
Mengundang klien lama dan prospek baru adalah strategi kemenangan karena makan malam bisa menjadi cara yang lebih rileks daripada lantai trade show yang lebih formal.
 
 
Desain trade show booth
Mayoritas pengunjung trade show telah lebih dulu merencanakan trade show booth apa yang akan mereka kunjungi bahkan sebelum mereka menginjakkan kaki di aula. Jika Anda mengimplementasikan perencanaan pemasaran sebelum acara dimulai, Anda bisa menarik perhatian pengunjung dalam jumlah yang lumayan ke trade show booth Anda.
Namun, ada banyak pengunjung lainnya yang mungkin masih belum sadar dengan perusahaan atau mungkin melewati promosi Anda sebelumnya. Untuk memastikan Anda mendapatkan trade show ROI yang maksimal, Anda harus menarik perhatian pengunjung tipe ini.
Desain trade show booth yang kreatif menambahkan fitur desain yang menarik perhatian seperti signage gantung, kios edukasi, ruang konferensi dan area demonstrasi. Beberapa tambahan ini akan dengan natural membuat gravitasi ke arah trade show booth Anda agar memaksimalkan trade show ROI Anda.
 
Tips desain booth:
  • Trade show booth yang memiliki tema adalah pilihan yang sempurna untuk menarik perhatian orang yang lewat dan memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepribadian dan karakter dari brand Anda sendiri.
  • Pesan pemasaran Anda harus pendek, jelas dan mudah dipahami, sehingga hindari kata-kata yang kompleks dan keunggulan yang ambigu dari produk atau jasa Anda.
  • Maksimalkan ruang trade show booth Anda agar terkesan ramah dan tidak padat. Trade show booth yang ramai dan penuh akan dilewati oleh pengunjung prospek yang sudah menyisahkan waktu di lantai trade show booth mereka.
  • Signage Anda adalah kesan pertama yang Anda berikan kepada audiens. Tujuan Anda adalah untuk memiliki signage yang menarik perhatian orang yang ingin Anda temui.


Buat tim kemenangan
Untuk menciptakan tim trade show yang bagus, penting untuk mencari anggota yang peduli kepada tim dan bukan hanya pintar menjual. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tim kemenangan:
  • Pastikan bahwa anggota tim Anda memiliki nilai dan tujuan yang sesuai dengan perusahaan Anda.
  • Jaga lingkungan berenergi besar yang mempromosikan solusi berorientasi tim dan menawarkan inisiatif yang kreatif.
  • Identifikasi tipe kepribadian yang berbeda dari anggota tim Anda dan belajar bagaimana menggabungkan mereka menjadi unit yang lebih kuat.
  • Tanyakan kepada staf yang lebih senior untuk memandung anggota tim yang tidak terlalu berpengalaman.
Tips ini bisa Anda lengkapi dengan satu tips pamungkas yaitu memilih jasa percetakan yang mampu menghasilkan trade show booth berbeda. Di sinilah Quickprint Indonesia bisa membantu Anda.

Recent Articles
Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

30 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

02 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

Artikel ini membahas sepuluh alasan mengapa branding memegang peranan penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah bisnis.

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below