Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.
Posted at 27 Jun 2019
Last updated at 29 Nov 2023
Tak dapat dipungkiri, bahwa pemasaran digital kini telah menjadi bagian dari berbagai industri. Pilihannya pun semakin beragam, baik dari segi periode, kualitas, hingga pengaplikasiannya. Namun, sebuah pemasaran digital tidak akan berhasil tanpa metode pemasaran yang sudah lebih ada yaitu pemasaran cetak.
Efisiensi pemasaran cetak
Ketika banyak bisnis merasa tertekan untuk segera menjadi digital dalam berbagai aspek, perkembangan dunia percetakan dan teknologinya telah mengubah percetakan fisik lebih efisien daripada masa lalu. Banyak perusahaan kini bisa memesan cetakan dalam jumlah yang sedikit dan masih menghabiskan biaya yang efisien. Sebelumnya, offset printing membutuhkan lebih banyak hasil cetakan untuk menutupi biaya pencetakan karena biaya pemasangan yang mahal.
Sementara digital printing memungkinkan materi cetakan diproduksi dan didistribusi dengan lebih cepat.
Return of Investment dari Percetakan
Mencetak dalam skala kecil dan on-demand, seperti materi promosi, kini bisa dilakukan karena keberadaan digital printing. Perusahaan banyak menerima pemesanan pencetakan (biasanya dalam jumlah kecil) dan mencetaknya sesuai pesanan yang diterima dan diproses. Biaya yang dihabiskan saat proses pencetakan on-demand biasanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan metode percetakan lain seperti offset printing.
Beberapa materi promosi kini bisa diproduksi dengan mudah karena keberadaan digital printing. Materi seperti gantungan kunci dan pulpen kini bisa dicetak dengan murah, dan siap digunakan sebagai pelengkap trade show. Metode iklan lain seperti kode kupon juga banyak diproduksi, karena konsumen lebih menyukai memegang sesuatu yang fisik. Signage yang bisa dilihat di banyak toko, seperti plang, banner dan beberapa signage promosi yang beragam, biasa dicetak melalui digital printing.
Sifat serbaguna selalu dibutuhkan
Pemasaran digital atau digital marketing memiliki batasan. Iklan pop-up biasanya bisa sangat efektif dan pemasaran lewat email sering tidak tepat sasaran. Ketika medium ini tidak bekerja dengan maksimal, sifat serbaguna dari pemasaran cetak bisa menutupinya. Ini membuat pemasaran cetak sangat cocok untuk melengkapi iklan digital.
Pengemasan untuk produk dan hadiah yang sudah di-branding untuk promosi juga cara yang patut dicoba untuk meningkatkan kemampuan pemasaran Anda. Banyak orang mungkin menghindari iklan pop-up atau menghapus email yang masuk, tapi mereka hampir tidak mungkin menghindari pengemasan, apalagi jika pengemasan yang dilakukan tidak umum. Kenapa? Karena pengemasan nyata dan bisa dipegang, bukan hanya piksel yang ada di layar.
Dengan cara ini, banyak jenis produk yang bisa dicetak secara fisik dan digunakan sebagai bagian dari pemasaran. Mulai dari pakaian hingga banner, materi promosi hingga pengemasan, vehicle wrapping hingga brosur, tidak ada batasan untuk sifat serbaguna dari produk percetakan.
Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan iklan dan pemasaran Anda, mungkin tidak ada salahnya kembali ke dasar. Di dunia digital, pemasaran cetak bisa kembali sukses dan melengkapi iklan digital Anda, segera berkonsultasi dengan customer service Quickprint Indonesia hari ini.
Tim kami siap membantu Anda dalam setiap langkah, dari konsep hingga realisasi, memastikan bahwa armada kendaraan Anda menjadi aset pemasaran yang berharga bagi bisnis Anda.
atau hubungi kami melalui
07 Oct 2024
30 Apr 2024
04 Apr 2024
14 Mar 2024
04 Mar 2024
Find your needs faster by choosing our services below