Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Perbedaan Cardboard yang Perlu Diketahui

21 Jan 2019 Article

Seperti vinyl sticker yang merupakan salah satu jenis sticker, cardboard atau kardus juga mempunyai banyak tipe dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kotak sereal, kotak tisu, hingga papan nama, semuanya dikemas dengan cardboard atau kardus. Menurut riset, ada tiga jenis tipe cardboard atau kardus yang paling umum: graphic cardboard, solid cardboard dan corrugated cardboard.
 
Untuk mencegah kesalahan dalam memilih cardboard, berikut ini penjelasan tentang berbagai tipe cardboard yang telah disebutkan di atas.



Graphic carboard
Tipe cardoard jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan publikasi, seperti menjadi sampul belakang sebuah buku, three-ring binder atau potongan-potongan puzzle. Cardboard ini dibuat dengan menekan lapisan kertas secara bersama, dengan adhesif di belakang masing-masing kertas, sampail ketebalan yang diinginkan dicapai. Cardboard ini dibuat agar kokoh dan tetap rata.
 
Carton board
Selain carton board, tipe cardboard yang satu ini juga bisa disebut sebagai solid cardboard atau boxboard. Jika graphic board kokoh dan rata, maka cardboard yang satu ini relatif lebih tipis dan memiliki lapisan halus pada satu sisi yang diaplikasikan saat proses pembuatan. Sisi yang halus ini biasanya digunakan untuk menempelkan kertas atau kertas timah ke cardboard atau bisa juga dicetak ketika proses pencetakan cardboard itu sendiri.
Carton board biasa digunakan untuk membuat kotak pengemasan seperti kosmetik, sereal dan berbagai produk makanan lainnya, perangkat komputer juga gim video. Bisa juga digunakan untuk untuk mengemas mainan anak, aksesoris rambut dan botol minuman. Cardboard ini dibuat untuk tahan air dan tetap rata.


 
Corrugated cardboard
Corrugated carboard dibuat dengan menekan selembar papan karton di hot corrugators untuk menciptakan lekukan huruf S dan kemudian menempelkan lembaran yang ditekan di antara dua potong papan karton.
Perbedaan di corrugated cardboard biasanya ditentukan oleh ukuran galur atau flure. Kurva-S yang lebih kecil biasanya menghasilkan galur yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan. Sementara semakin besar galurnya, maka semakin kokoh juga corrugated cardboard-nya.
Tipe corrugated cardboard yang paling kuat adalah triple wall corrugated carboard, yang dibuat dengan empat lapis carton board dan tiga lembar corrugated cardboard.
 
Selain untuk kebutuhan pengemasan, corrugated cardboard juga digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi seperti booth pameran hingga POP display. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan materi promosi yang menggunakan corrugated cardboard sebagai materi utama, jangan ragu untuk menghubungi Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

TAGS : digital printing tips fun facts

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below