Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Perbedaan Cutting Sticker dan Printing Sticker

03 Jan 2019 Article

Sebagai salah satu materi promosi yang kecil namun efisien, banyak orang masih menganggap sepele keberadaan sticker dan menolak menggali lebih jauh tentang aspek-aspek penting di dalamnya. Memang, jika dibandingkan dengan materi promosi lain seperti booth pameran atau vinyl banner, sticker kalah dalam segi ukuran. Inilah mungkin yang menjadi faktor kenapa banyak orang ‘menggampangkan’ sticker yang sayangnya, memiliki dampak yang sama besar dengan materi promosi lain.
 
 
Salah satu hal yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah perbedaan cutting sticker dan printing sticker. Ketika kita berbicara tentang cutting sticker, maka hampir tidak mungkin memisahkannya dengan mesin cutting sticker. Alat ini yang nantinya akan membedakan sticker anda dengan yang lain dan berfungsi untuk menunjukkan suatu label, komunitas bahkan identitas. Selain itu, fungsi sticker yang juga populer digunakan adalah ditempelkan ke berbagai benda untuk mempermudah orang lain membaca peringatan atau tata cara melakukan sesuatu.
 
 
Lalu sebenarnya apa perbedaan antara cutting sticker dan printing sticker? Untuk mengetahui jawabannya, simak tulisan di bawah ini.
 
Pengertian cutting sticker dan printing sticker
Cutting sticker: seperti namanya, cutting sticker adalah sticker yang dihasilkan lewat cara memotong atau bisa juga diartikan sebagai teknik pemotongan sticker dengan desain yang diinginkan. Biasanya, teknik pemotongan menggunakan mesin cutting sticker dalam proses final dan komputer untuk mendesain sticker.
Printing sticker: sticker printing adalah sticker yang hasilnya akan seperti cetakan dokumen di kertas biasa.
 
Perbedaan cutting sticker dan printing sticker dari segi desain
Cutting sticker: desain cutting sticker haruslah berbentuk vektor atau satu garis saja. Garis tersebut nantinya akan menjadi panduan untuk memotong oleh mesin cutting sticker.
Printing sticker: bisa dikatakan bahwa hampir semua format desain bisa masuk atau diproses dengan printer, tapi satu hal yang perlu dicatat bahwa semakin tinggi dimensi dokumen maka semakin bagus juga hasil cetakannya.
 



Perbedaan cutting sticker dan printing sticker dari segi warna
Cutting sticker: salah satu kekurangan cutting sticker adalah pilihan yang terbata untuk warna-warna yang solid atau non gradasi. Tapi seiring berkembangnya zaman, maka hal ini bisa disiasati dengan teknik puzzle dengan menggunakan program seperti CorelTrace. Tapi sebelum menjajal ini, gambar atau desain yang ada harus dirapikan terlebih dahulu.
Printing sticker: untuk printing sticker, pemilihan warna bukanlah masalah utama, ini karena semua warna dan gradasi bisa dicetak dengan printer. Jadi jika anda ingin tak ingin memiliki masalah yang signifikan, maka printing sticker adalah jawaban anda.
 
Perbedaan cutting sticker dan printing sticker di atas ini bisa menjadi panduang untuk anda metode apa yang paling cocok untuk sticker dari bisnis anda. Jika artikel ini masih belum cukup menjawab rasa penasaran, jangan ragu untuk menghubungi Quickprint Indonesia untuk mendapatkan sudut pandang profesional.

TAGS : Sticker Digital Printing

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below