Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Prinsip Desain

16 May 2019 Article

Desain grafis memegang peran penting dalam membangun brand dan dalam waktu yang sama, menunjukkan keterampilan Anda. Walaupun branding dan desain merupakan satu pengalaman yang tak terpisahkan, penting untuk memahami prinsip dasar dari desain grafis sebelum mencoba sesuatu hal yang baru. Ketika bekerja dengan klien, Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk menciptakan kesan pertama yang kuat, jadi kenapa tidak tingkatkan pengalaman mereka dengan pengetahuan dan aplikasi elemen desain ke berbagai proyek mulai dari grafis media sosial hingga materi promosi cetak. Tentu, sebagai seorang desainer, Anda tidak perlu khawatir tentang mendesain keluar batas. Namun jika Anda merupakan pemula, Anda harus mengetahui beberapa prinsip yang akan dijelaskan di bawah ini.

Keseimbangan

Seimbangkan stabilitas dan struktur dari keseluruhan desain. Untuk memahaminya lebih baik, pikirkan bahwa seolah-olah ada berat di balik setiap elemen desain Anda. Bentuk, teks boks dan gambar adalah elemen yang membentuk desain Anda, jadi penting untuk familier dengan berat visual yang dibawa oleh berbagai elemen tersebut. Ini bukan berarti bahwa elemen yang ada harus didistribusikan merata atau dalam ukuran yang sama, keseimbangan adalah tentang simetris dan asimetris. Keseimbangan simetris adalah ketika berat dari elemen dibagi secara rata di kedua sisi desain, sementara keseimbangan asimetris menggunakan skala, kontras, dan warna untuk mencapai desain yang mengalir.

Kedekatan

Permainan jarak dalam suatu desain membantu dalam menciptakan hubungan antara elemen yang serupa atau terkait. Elemen ini jangan dikelompokkan bersama-sama, namun, mereka harus terkoneksi secara visual melalui huruf, warna, ukuran, dll.

Penjajaran

Penjajaran atau alignment memegang peran penting untuk menciptakan koneksi visual dengan elemen desain. Alignment memberikan penampilan yang teratur kepada gambar, bentuk dan teks dengan mengeliminasi elemen yang ditempatkan dengan tidak rapi.

Hierarki visual

Dalam bahasa sederhana, hierarki dibentuk ketika berat visual tambahan ditambahkan kepada elemen atau pesan terpenting yang ada di desain Anda. Hierarki visual bisa dicapai dengan beberapa cara, menggunakan huruf yang besar dan tebal untuk menonjolkan judul; menempatkan pesan kunci lebih tinggi daripada elemen desain lain; atau menambahkan fokus kepada visual yang lebih besar, detil dan berwarna daripada gambar yang kurang relevan atau kecil.

Pengulangan

Pengulangan adalah elemen desain yang penting, terutama ketika berbicara tentang branding. Pengulangan menciptakan ritme dan menguatkan desain secara keseluruhan dengan mengikat elemen secara bersama seperti logo dan palet warna, membuat brand atau desain secara instan dikenali oleh pembaca.

5 prinsip di atas adalah separuh dari prinsip desain yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui separuh prinsip desain lain, stay tune di website Quickprint Indonesia!

TAGS : design tips articles

Share :
Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below