Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Prinsip Desain Dieter Rams Bagian Kedua

16 Apr 2019 Article

Seperti yang telah disinggung pada artikel sebelumnya, desain telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia sehari-hari. Dan seperti aspek penting dalam hidup, penting untuk membuat prinsip yang memudahkan Anda berjalan dalam kerangka yang benar.
 
Dieter Rams, seorang desainer senior mempunyai prinsip desain yang bisa Anda ikuti agar desain Anda berjalan dengan baik. Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tiga prinsip awal yaitu desain yang bagus adalah inovatif, desain yang bagus membuat produk berguna, desain bagus estetis dan desain yang bagus membuat produk mudah dimengerti.
Untuk semakin memperkaya pengetahuan Anda tentang desain, berikut prinsip tambahan dari Dieter Rams yang layak dicoba.


Contoh Produk dengan Desain Tidak Efisien


Desain yang bagus adalah yang jujur
Ketika Anda membeli produk yang murah, Anda akan mendapatkan halaman yang menyertakan daftar panjang fitur yang 'disuntikkan' ke produk sehingga bisa berkompetisi dengan alternatif merek yang lebih mahal.
Contohnya adalah lampu LED di atas. Untuk berkompetisi dengan berbagai merek dari pabrikan mahal, mereka menyertakan kabel adapter dan aksesoris berlebihan sehingga terkesan tidak berguna. Ulasan yang ada juga membuktikan bahwa ketiga hal tersebut cepat panas dan hampir membuat celaka orang lain.



Desain yang bagus menunjukkan apa yang obyek itu lakukan dan tidak lebih. Obyek ini tidak mengimplikasi fitur, kualitas atau daya tahan. Tidak seperti contoh lampu LED di atas yang didesain secara buruk karena janji yang tidak bisa ditepati.
 


Desain yang bagus bertahan lama
H&M 'membuang' desain. Merek pakaian ini mengejar tren, mendorong orang untuk mengganti produk yang masih bisa digunakan dan menghasilkan konsumerisme jangka pendek. Desain yang bagus bertahan dari arus tren. Seperti konten blog, yang tentunya Anda inginkan bertahan lama selama beberapa tahun dan mencakup topik universal yang relevan.
Botol plastik adalah contoh produk yang didesain dengan buruk, meskipun murah dan nyaman. Walaupun bekerja dengan baik dan mempunyai struktur yang berimbang, namun obyek ini masih mengotori lautan dan tempat pembuangan sampah, kenapa? Karena mereka didesain untuk hari ini, bukan untuk besok dan hari selanjutnya.
 
 
Desain yang bagus memerhatikan detil
Apakah Anda sadar bahwa kebanyakan obyek hanya 90% didesain dengan baik. Beberapa detil seperti fungsi yang seimbang, struktur dan nilai estetis saling melengkapi. Desain seperti ini sesuai dengan identitas Anda dan mewakili dengan baik diri Anda kepada orang lain. Tapi dalam beberapa kasus, desainer melewati detil yang pada akhirnya merusak produk secara keseluruhan.
 
Enam prinsip Dieter Rams sangat efektif dan efisien sehingga menjadi panduan bagi banyak desainer yang tersebar di seluruh dunia. Sama halnya dengan Dieter, Quickprint Indonesia percaya bahwa desain sebuah produk harus memiliki prinsip sehingga memberikan kepuasan bukan hanya kepada Anda, namun juga kepada calon konsumen Anda.

TAGS : digital printing fun facts tips tips desain branding DIY

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below