Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Psikologi Warna

07 May 2019 Article

Ada banyak jenis respon emosi yang dikaitkan dengan warna. Beberapa di antaranya terpampang jelas, sementara yang lain kabur. Beberapa asosiasi warna jelas kepada satu negara atau wilayah, sementara lainnya dipahami oleh seluruh orang di dunia.

Selain banyaknya faktor yang bermain ketika berbicara warna di dunia desain, faktor yang telah disebutkan di atas memerankan bagian penting dalam pemilihan warna. Dengan mengetahui bahwa warna merah dan kuning adalah warna yang secara visual menarik perhatian, mungkin Anda bisa mendesain billboard lebih baik. Pengetahuan warna seperti ini bukanlah sesuatu hal yang wajib namun bisa menjadi alat yang Anda gunakan untuk menyampaikan pesan yang diinginkan.

Dengan fakta ini, Anda harusnya merasa bahwa artikel ini akan sangat berguna di dunia desain, fotografi dan ilustrasi.

Merah
Kehangatan, marah, semangat, tenaga, kekuatan, cinta, gairah, api, darah, emosi esktrem, pertempuran. Merah merupakan proyeksi dari pembelian implusif. Merah juga digunakan oleh gereja sebagai bentuk kemegahan.

Respon emosional

Merah adalah warna yang intens secara emosional. Warna ini menggambarkan metabolisme manusia dan tekanan darah yang meningkat. Visibilitas yang tinggi menjadi ciri dari warna ini, itu kenapa warna ini digunakan di rambu berhenti, lampu merah dan alat pemadam api.

Penggunaan di desain dan dunia iklan

Merah menbuat teks dan gambar menonjol. Warna ini digunakan sebagai stimulan untuk membuat keputusan cepat. Oleh karena itu, warna ini sangat cocok untuk promosi 'Buy Now' atau 'Click here' di ad banner internet dan website. Di dunia iklan, merah sering digunakan untuk menggambarkan perasaan erotis (bibir merah dan kuku merah)

Hijau
Musim semi, kesegaran, misteri, rasa iri, harapan, hidup abadi. Warna hijau merupakan gabungan dari kuning dan biru, hijau mewakilkan perasaan ringan dan keren, kebahagiaan dan pembatasan. Warna hijau juga adalah warna alam.

Respon emosional

Hijau memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Warna ini adalah warna yang paling tenang untuk mata manusia; sehingga bisa meningkatkan visi. Warna hijau juga berarti stabilitas dan daya tahan. Terkadang hijau juga menunjukkan kurangnya pengalaman.

Penggunaan di dunia desain dan iklan

Hijau digunakan untuk mengindikasikan keamanan ketika mengiklankan obat-obatan dan produk medis. Hijau juga berhubungan langsung dengan alam, jadi digunakan untuk mempromosikan 'hijau' atau produk natural. Hijau tua juga diasosiasikan dengan uang, dunia finansial, bank dan Wall Street.

Kuning
Nilai, cahaya matahari, brilian dan rasa bahagia. Warna kuning sangat dekat dengan cahaya matahari, dan berkoneksi langsung dengan kebahagiaan dan musim semi. Warna kuning bisa mendapatkan perhatian pertama dan tercepat dan sejajar dengan warna merah untuk urusan warna yang jelas dan bersemangat.

Respon emosional

Warna kuning memproduksi efek hangat, keceriaan dan menstimulasi aktivitas mental. Warna kuning diasosiasikan dengan makanan. Sementara warna kuning yang murni adalah penarik perhatian, yang juga menjadi alasan kenapa taksi menggunakan warna ini. Ketika digunakan secara berlebihan, warna kuning akan memiliki efek yang mengganggu; sudah menjadi rahasia umum bahwa bayi cenderung lebih banyak menangis di ruangan berwarna kuning. Selain itu, warna kuning yang dikombinasikan dengan warna hitam biasanya berkaitan dengan peringatan.

Penggunaan di dunia desain dan iklan

Gunakan warna kuning untuk membuat kesan nyaman dan menyenangkan. Anda bisa memilih warna kuning untuk mempromosikan produk anak dan barang yang berkaitan dengan waktu luang. Warna kuning sangat efektif untuk menarik perhatian, jadi gunakan untuk menggarisbawahi elemen penting dari desain Anda. Pria biasanya menganggap warna kuning sebagai warna yang ringan dan "kekanak-kanakan", jadi tidak direkomendasikan untuk menggunakan warna kuning ketika menjual produk mahal dan prestis kepada pria.

Setelah Anda membaca artikel ini, maka pemahaman Anda tentang warna dan psikologi di baliknya tentunya bisa menjadi modal untuk memilih warna bagi materi promosi Anda. Untuk mengetahui sisi psikologi dari warna lain, stay tune di website Quickprint Indonesia.

TAGS : colors articles tips design

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below