Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Tahapan untuk Konferensi atau Trade Show yang Efektif

Posted at 08 Mar 2019
Last updated at 23 Nov 2023

Trade show atau konferensi adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness atau menarik perhatian dari konsumen atau prospek baru Anda. Setelah Anda memutuskan untuk membuat acara, menghadiri konferensi atau trade show, maka keberhasilan Anda bergantung kepada perencanaan yang sesuai di tiap tahapnya, termasuk sebelum acara, selama acara dan sesudah acara. Mari lihat lebih jauh tentang bagaimana memfokuskan pemasaran Anda untuk memastikan acara berjalan dengan baik.
 
Tiga tahap perencanaan penting untuk memastikan acara berjalan sukses
Ketika acara sudah mendekat, maka sudah saatnya untuk membuat rencana detil untuk membantu Anda mendapatkan keuntungan dari investasi yang telah Anda lakukan. Tentukan anggaran Anda, pesan tempat acara dan buat daftar apa yang Anda inginkan dari acara Anda.
 
Perencanaan sebelum acara
Membuat perencanaan adalah kunci utama dari kesuksesan sebuah acara. Sesaat setelah Anda menentukan hari, waktu dan tempat, maka hal selanjutnya adalah menentukan cara untuk menarik perhatian konsumen dan prospek Anda. Beberapa di antaranya adalah:
  • Bagikan Acara lewat media sosial, lama web, poster, pamflet konferensi atau brosur trade show.
  • Pastikan bahwa brand Anda tampil dengan display yang efektif termasuk, pull-up banners, vinyl banner, media walls hingga directional signage.
  • Sertakan hadiah brand seperti kalender, pena, cangkir dan hadiah lainnya untuk membuat orang terlibat sepanjang hari dan menjamin Anda tetap ada di benak mereka hingga selesai.
  • Latih karyawan Anda untuk mengetahui pesan kunci agar memastikan tingkat jasa yang Anda tawarkan konsisten.
  • Siapkan tag nama, kartu nama atau beberapa alat identifikasi lainnya.
Selama acara
Anda ingin memastikan bahwa target audiens Anda tetap terlibat selama acara. Rencanakan aktivitas yang bisa menjangkau pengunjung dan mengajak mereka berinteraksi sehingga mereka tetap bertahan.
  • Sertakan demo produk secara langsung
  • Memiliki berbagai materi promosi dalam jumlah banyak serta giveaways
  • Ciptakan door prize saat acara
  • Tingkatkan daftar kontak Anda dengan menaruh mangkuk sebagai tempat menaruh kartu nama.
Setelah acara
Pekerjaan tidak usai saat acara selesai. Sangat penting untuk follow-up dengan konsumen atau prospek Anda memastikan Anda mendapatkan penjualan dan kontak.
  • Berikan update setelah acara lewat media sosial untuk memastikan momentum tetap terjaga setelah acara Anda berhasil.
  • Perbaharui daftar kontak Anda dan hubungi prospek baru setelah kartu nama ada di genggaman Anda.
  • Anda juga bisa follow-up lewat email
  • Siapkan dan kirimkan informasi perusahaan
  • Umumkan pemenang dari kompetisi sebelumnya dan bangun hubungan dengan para konsumen potensial
  • Ciptakan post-event yang eksklusif kepada konsumen atau pengunjung yang datang ke acara Anda.
Tahapan ini terkesan sederhana namun jika Anda tidak disiplin melakukannya, maka impian trade show atau konferensi yang sempurna tidak akan tercapai. Untuk menjamin segalanya berjalan lancar, Anda bisa menghubungi Quickprint Indonesia yang akan membantu Anda mulai dari pembuatan trade show booth hingga materi promosi lainnya.

TAGS : fun facts tips exhibition booth branding

Hubungi Kami

Tim kami siap membantu Anda dalam setiap langkah, dari konsep hingga realisasi, memastikan bahwa armada kendaraan Anda menjadi aset pemasaran yang berharga bagi bisnis Anda.


atau hubungi kami melalui

Recent Articles
Mengenal Perbedaan POP dan POSM

04 Dec 2024

Totem, Promosi Praktis di Berbagai Event

07 Oct 2024

Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

30 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker Sandblast Solusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

04 Mar 2024

Mannequin Stage

Manekin stage, sebagai bentuk promosi inovatif, telah menjadi salah satu strategi yang efektif dalam menarik perhatian konsumen.

27 Feb 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

Apakah Anda gemar mengoleksi stiker untuk ditempelkan di berbagai media? Jika ya, mungkin Anda sudah tidak asing dengan jenis stiker ritrama yang sangat populer.

02 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

Artikel ini membahas sepuluh alasan mengapa branding memegang peranan penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah bisnis.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below