Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Tipe Vinyl - Part 1

21 Mar 2019 Article

Setelah sebelumnya kita telah membahas apa perbedaan dari cutting vinyl dan printing vinyl, sudah juga membedah pertanyaan umum tentang vinyl, maka untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang vinyl, berikut beberapa tipe vinyl yang ada dan wajib Anda ketahui.
 
Apa itu vinyl?
Vinyl adalah film plastik dengan self-adhesive. Tersedia dalam bentuk gulungan seperti wallpaper, dan Anda bisa mengunakannya untuk menambah desain grafis, kata-kata atau warna, juga bisa diaplikasikan di permukaan lembut yang Anda suka, baik di dalam maupun luar ruangan.

Vinyl telah dites di berbagai kondisi yang esktrem: mulai dari Gurun Sahara hingga Kutub Utara. Beberapa lainnya juga dites di laut, sehingga bisa digunakan untuk grafis di dalam kapal.
Dan apa yang akan kami tunjukkan di sini, adalah beberapa finish dan efek dari proyek grafis vinyl yang bisa Anda pilih.
 
Glossy vinyl
Glossy vinyl, seperti gloss paint, memiliki permukaan yang berkilau. Tipe ini tersedia dalam berbagai jenis warna dan didesain untuk bertahan selama 3-5 tahun. Beberapa glossy vinyl premium bahkan memiliki jangka hidup yang lebih lama tergantung dari warna yang ada: vinyl hitam dan putih memiliki jangka waktu terpanjang.
Anda juga akan menemukan bahwa glossy vinyl lebih tahan terhadap cuaca daripada tipe vinyl yang lain, jadi cocok untuk proyek grafis di luar ruangan.



Matte vinyl
Matte vinyl memiliki permukaan datar yang tidak reflektif. Banyak desainer dan arsitek menyukai tipe vinyl ini daripada glossy karena tidak terlalu bersinar. Tapi terlepas dari ini, banyak pabrikan memproduksi warna yang lebih banyak di glossy daripada di matte.
Sementara untuk daya tahan, matte vinyl juga bertahan hingga 3-5 tahun saja.
 
Translucent vinyl
Vinyl ini terlihat solid namun didesain untuk membiarkan cahaya tembus: contohnya, mulai dari tabung fluorescent hingga lampu LED di neon box signage.
Permukaan wajah dari vinyl ini memiliki finishing satin dan normalnya bertahan hingga 7-9 tahun, bahkan jika berada di luar ruangan.
 
Transparent vinyl
Transparent vinyl, seperti namanya, adalah vinyl yang transparan. Tipe vinyl ini tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda bisa mendapatkan grafis vinyl yang kreatif. Vinyl ini cenderung lebih tebal daripada vinyl lain dan umumnya digunakan untuk proyek interior di atas kaca, sehingga terkadang dianggap sebagai display vinyl: sebuah vinyl yang cocok untuk penggunaan temporer atau jangka pendek, seperti ekshibisi.
 
Anda bisa mendapatkan efek lebih bagus dengan 'menimbun' warna yang berbeda dari transparent vinyl. Dan Anda bisa mencetak warna transparan ke vinyl bening untuk memberikan Anda palet warna yang beragam.
Ketiga vinyl di atas hanya awal dari berbagai tipe vinyl yang akan dibahas oleh Quickprint Indonesia, jadi stay tune di web ini ya!

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below