Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Tipografi Desain

13 May 2019 Article

Tipografi adalah aspek desain grafis yang terkadang dianggap remeh. Untuk banyak desainer grafis, tipografi hanya sekadar memilih huruf. Walaupun pemilihan huruf penting, tapi yang tidak kalah penting adalah layout untuk teks Anda. Meletakkan huruf pada tempat yang tepat sangat penting untuk menciptakan desain yang menarik dan estetis dengan informasi yang mudah dibaca dan jelas.
Komposisi tipografi yang bagus memungkinkan pembaca untuk fokus kepada pesan daripada hanya membacanya. Sebaliknya, tipografi yang buruk akan membuat pusing.
 
Apa yang terjadi ketika kita membaca teks?
Memahami bagaimana kita melihat dan membaca teks penting untuk mengatur dan menambahkan secara benar kepada karya seni. Ketika kita membaca sebaris teks, mata kita meloncat dari kata per kata. Loncatan ini disebut juga sebagai "saccades". Jadi mata kita meloncat ke depan dan belakang pada baris tersebut, menganalisis teks tersebut dengan seri saccades. Antara satu saccades dengan yang lain ada juga yang namanya "fixation", momen ketika kita mengambil informasi dari sebuah kata. Rata-rata saccade adalah 5-10 karakter atau 1-2 kata. Ketika membaca, visi secara keseluruhan memegang peranan penting dalam menentukan kesuksesan.
 
Pertama kita melihat lalu membaca
Tipografi memegang 2 peranan dalam kualitas bacaan dan komunikasi visual. Faktanya, ketika pembaca menganalisis halaman, mereka secara tidak sadar memahami fungsi-fungsi ini: pertama mereka melihat secara penuh desain grafis dari sebuah halaman lalu kedua, mereka menganalisis bahasa dengan membaca teks.
Waktu saccade dan fixation sangat bergantung kepada pengalaman dan rasa familier pembaca kepada teks. Jika kita membaca teks saintifik dan bukan merupakan tenaga ahli di dalamnya, kita akan menghabiskan banyak waktu pada satu kata atau membaca beberapa kali untuk memahami arti dari sebuah kalimat.
 
Legibility dan readability
Teks di dokumen cetak dan laman web akan lebih efektif jika mudah diidentifikasi dan dibaca. Ketika kita berbicara tentang membaca sebuah teks, kita harus bisa membedakan legibility dan readibility.
Legibility adalah ukuran apakah teks mudah untuk dikenali dalam hal kejelasan, kontras dan iluminasi atau penchayaan. Sementara readability, di sisi lain, adalah tentang ketenangan membaca dan tingkat kepenatan.
Untuk mencapai ini, ada beberapa variabel yang harus dicapai, yaitu:
  • Penempatan teks yang benar dalam ruang
  • Hierarki informasi
  • Pilihan huruf
  • Pilihan kata kunci
  • Kejelasan dan ketepatan informasi
  • Tone suara dan gaya teks.
Teks merupakan elemen penting yang sering disepelekan oleh para desainer grafis, padahal teks dan tipografi merupakan elemen yang memastikan bahwa desain mampu menyampaikan informasi secara menyeluruh, terutama jika Anda ingin mencetak materi promosi perusahaan.

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below