Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Tips Menciptakan Nama Produk

25 Apr 2019 Article

Pemberian nama atau naming adalah proses menciptakan nama untuk brand, jasa hingga produk. Memikirkan betapa pentingnya nama kita sendiri dan bagaimana mereka merefleksikan tempat kita di lingkungan sosial adalah cara yang sempurna untuk memahami betapa pentingnya pemberian nama yang bagus baik untuk produk maupun jasa yang menjalani debut di pasar. Untuk produk baru atau start-up, pemberian nama adalah langkah awal untuk terjun ke dunia komunikasi. Dan seperti pepatah bilang, Anda tidak memiliki peluang kedua untuk menciptakan kesan pertama yang bagus.
Lalu, apa yang membuat sebuah nama berhasil?
  • Mengekspresikan identitas, karakter atau kepribadian
  • Mudah untuk dilafalkan dan pendek
  • Menjadi simbol sepenuhnya: membangkitkan cerita, sensasi serta emosi
  • Lebih spesifik, tapi tidak berlebihan: menawarkan sugesti yang jelas, tapi bukan deskripsi simpel.
Menciptakan nama yang sukses
Di zaman sekarang yang disesaki oleh produk dan jasa, memiliki nama yang mudah diingat dan menarik jauh lebih penting jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Jika Anda baru-baru ini memikirkan nama untuk produk terbaru Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:
 
Analisis pasar
Mereka yang mencari cenderung menemukan. Sebelum Anda muncul dengan nama apapun, cari tahu tentang nama kompetitor Anda. Secara berhati-hati, nilai nama-nama dari kompetitor Anda dan garisbawahi mana yang paling menarik dan orginal, selain juga nama dari produk paling populer mereka.


 
Berkoneksi, asosiasi dan kombinasi
Setelah Anda mengetahui nama dari kompetitor langsung, kini sangatnya memulai fase kreatif. Untuk memulai, mungkin akan lebih mudah untuk melakukan asosiasi. Bagaimana Anda memikirkan nama Eataly yang merupakan kombinasi dari eat (makan) dan sesuatu yang berbau Italia (Italy). Koneksi ini secara khusus efektif karena terdengar ramah di telinga dan simpel untuk disebutkan, karena hampir mirip dengan bagaimana Anda menyebutkan italy.
 
Jangan terbatas dengan bahasa
Bahasa menyediakan 'ruang laboratorium' yang bisa Anda gunakan untuk melakukan eksperimen, sehingga Anda bisa bermain-main dengan kata-kata, tapi ada beberapa panduan berguna yang harus Anda ikuti:
  • Mengganti, menambahkan atau menghilangkan huruf
Anda bisa mengganti huruf di sebuah kata, menambahkannya atau justru menghilangkan salah satunya untuk membuatnya original dan jelas. Contohnya adalah nama blog pennamontata yang merupakan plesetan dari pannamontata yang berarti whipped cream. Perubahan satu huruf dari panna menjadi penna yang berarti pulpen mengubah segalanya.
  • Menggabungkan kata bersama
Kombinasi dan menggabungkan 2 kata bisa menjadi teknik yang bagus. Tapi, jika Anda memilih pendekatan ini, perhatikan juga pelafalannya. Contohnya, pada kata Pinterest, kata pin dan interest berbagi huruf in secara bersama- sama.



Bukan hanya tentang pembentukan kata baru
Terkadang, Anda akan menemukan nama yang sudah siap pakai dari tempat tak terduga. Dengan kata lain, cobalah untuk menggunakan metafora! Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah produk yang ingin Anda beri nama memiliki fitur tertentu dan biarkan pikiran Anda sendiri melayang jauh! Contohnya, apakah kaca ini sangat kuat? Seberapa kuat? Apakah sekuat gorila? Pekerjaan selesai: Gorilla Glass.
 
Hindari akronim
Akronim, seperti IBM, tidak bekerja dengan baik di masa sekarang karena mereka tidak ekspresif dan mesti dijelaskan lebih lanjut. Secara garis besar, akronim adalah antitesis dari apa yang populer di era digital ini.
 
Persepsi terkadang lebih penting daripada arti
Kata yang berbeda bisa memiliki suara, bentuk, warna dan temperatur yang berbeda. Suara huruf M menyambung, huruf A berkomunikasi secara tenang dan O berarti lengkap. Huruf konsonan seperti R dan T memberikan sugesti tangguh dan kedua huruf ini sebisa mungkin dihindari ketika Anda ingin menciptakan sesuatu yang nyaman dan manis.
 
Pemberian nama: kesimpulan
Anda bisa mengatakan bahwa peraturan paling penting adalah tidak adanya peraturan yang jelas, hanya prinsip panduan. Seperti yang kita lihat, akronim seperti IBM secara teoritis tidak lagi bekerja dengan baik, tapi secara praktek juga bisa bekerja tergantung bagaimana Anda mengelolanya.
 
Semoga artikel ini membantu Anda untuk pemberian nama produk Anda selanjutnya!

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below