Pada artikel sebelumnya, kami telah 'membekali' Anda dengan persiapan yang bisa Anda lakukan untuk melakukan branding. Hal seperti mengetahui persona audiens Anda, visi Anda di masa depan, serta sejarah brand Anda adalah 3 hal yang harus Anda pahami sebagai titik awal dalam melakukan branding. Untuk melakukan branding itu sendiri, berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan.
Setiap brand memiliki janji, entah serius atau tidak. Contohnya, McDonald's berjanji untuk mengirim makanan mereka dengan cepat kepada konsumen. Sementara Harley Davidson berjanji untuk memberikan pengalaman menegangkan dan berkesan di jalan terbuka. Mengetahui janji brand Anda sangat penting. Namun, di dunia ketika loyalitas konsumen terbatas, Anda membutuhkan bukan hanya janji, namun juga tujuan.
Janji brand Anda akan membantu Anda menjawab atau menentukan hal penting seperti posisi brand Anda di mata masyarakat. Namun, Anda juga harus mengetahui tujuan kenapa bisnis Anda ada. Contohnya, ketika hampir semua perusahaan ingin menghasilkan uang, brand terbaik justru melewati konsep untuk meraih sesuatu yang luar biasa. Seperti pernyataan IKEA di atas.
Dengan memperjelas tujuan mereka "untuk menciptakan hidup sehari-hari yang lebih baik" IKEA memberikan kedalaman dan arti yang lebih baik kepada janji brand mereka daripada sekadar menawarkan produk lain.
Ada banyak perusahaan yang tersebar di seluruh dunia, semuanya berjuang untuk menjadi yang terdepan. Berkat dunia digital dan standar 'rendah' dari dunia entrepreuner, organisasi kini menghadapi lebih banyak kompetisi dari zaman dulu. Jika Anda ingin membuat orang duduk dan mengenali bisnis Anda, melakukan sebuah hal yang unik adalah keharusan. Hal unik tersebut adalah dengan menentukan brand positioning.
Sebagai salah satu kebutuhan penting brand dalam strategi bisnis manapun, brand positioning adalah tentang meningkatkan organisasi Anda sampai tahap orang tergerak untuk mengetahui lebih lanjut. Ini semua tentang mencari tempat Anda di dunia, bersama dengan bisnis lain dalam ceruk. Untuk melakukan brand positioning, Anda harus:
Sulit untuk meyakinkan orang untuk menjadi pengikut setia ketika Anda tidak memiliki sesuatu yang unik. Dengan modal ini, penting untuk mempunyai sesuatu yang membedakan Anda dari para kompetitor. Ini bisa dengan kepribadian inspiratif yang secara otomatis akan melibatkan taget audiens Anda, atau pengalaman jasa kepada konsumen yang fantastis. Apapun yang Anda butuhkan, cari cara agar Anda tidak "berbaur" dengan yang lain.
Sekarang, orang tidak menginginkan perusahaan umum yang mengeklaim untuk melakukan segalanya dan apa saja. Meskipun itu mungkin baik untuk supermarket, jika Anda memiliki masalah, Anda pasti berpaling kepada spesialis. Semakin Anda bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki keahlian di ceruk khusus, Anda akan semakin terkenal. Tentu, ini berarti bahwa Anda harus mengerucutkan fokus kepada audiens yang akan tertarik kepada bisnis Anda.
Terakhir, bisnis terbaik saat ini bukan hanya tentang keuntungan, nomor dan margin penjualan. Perusahaan yang paling berhasil adalah yang mampu menginspirasi. Cari tahu apa yang paling disukai oleh target audiens Anda dan bangun brand Anda di sekeliling nilai tersebut. Mengambil sikap berarti bahwa Anda ingin memberikan sesuatu kepada konsumen yang layak ditinggalkan.
Sering, ketika orang ditanya untuk membayangkan atau mengidentifikasi sebuah brand, hal pertama yang mereka pikirkan adalah citra brand. Pada akhirnya, apa yang lebih ikonik dari kaleng Coca-Cola merah terang? Atau lengkungan emas dari logo McDonalds?
Tentu, brand Anda lebih dari sekadar wajah cantik. Branding melebihi visual, mencakup pengalaman emosional yang bisa Anda sampaikan kepada konsumen. Adalah cerita yang akan membangun koneksi dengan audiens Anda. Tentu, untuk menceritakan dengan baik, Anda membutuhkan beberapa ilustrasi.
Ini adalah beberapa aspek penting brand untuk menciptakan citra brand yang baik.
Ada beberapa hal yang lebih fundamental dari daftar aspek penting branding daripada logo Anda. Logo Anda adalah merek dagang visual yang mengidentifikasi perusahaan Anda.
Dalam situasi tertentu, logo bisa menjadi simbol status sosial. Pikirkan bagaimana banyak orang rasakan ketika mengendarai mobil Porsche atau arloji Rolex. Logo yang Anda pilih bukan hanya mengidentifikasi perusahaan Anda, namun juga kulminasi dari segala hal tentang brand Anda.
Hal lain dari strategi branding yang penting untuk visual adalah tipografi. Seperti logo atau bentuk yang dipilih dengan hati-hati, huruf yang Anda pilih bisa mengubah cara orang melihat brand Anda. Huruf serif fonts bisa menyampaikan kesan profesionalisme, sementara sans-serif fonts modern, ramah dan tidak resmi.
Ingat, tipografi bukan hanya tentang pentingnya logo Anda. Pertimbangkan pilihan Anda secara hati-hati ketika mempublikasikan konten Anda di website, mengirim buletin atau materi promosi lainnya.
Warna adalah hal krusial lain dari citra brand. Manusia memiliki koneksi emosional mendalam dengan konsep warna. Warna biru dari logo bank Anda bisa membuat brand Anda terkesan aman, sementara putih di rumah sakit terasa steril dan bersih. Warna merah Coca-Cola bisa terkesan bergairah dan jelas, sementara ungu dari Cadbury terasa mewah dan megah.
Mengetahui aspek penting untuk branding bisa menjadi modal bagi Anda untuk membuat perencanaan untuk materi promosi yang akan Anda rilis dalam setahun kedepan. Untuk memastikan Anda tak salah langkah dalam memilih jasa pembuatan materi promosi, Quickprint Indonesia adalah digital printing yang bisa Anda percaya untuk menjadi bagian dari branding yang sukses di masa sekarang dan masa mendatang.