Diperbarui: 22 Des 2021
Bahkan perencana trade show paling berhati-hati juga dengan mudah melewatkan elemen penting yang bisa memiliki dampak besar kepada keefektifan acara trade show. Sebuah trade show checklist atau daftar wajib trade show adalah sesuatu yang harus Anda miliki, terutama jika Anda belum memiliki pengalaman trade show sebelumnya.
Berikut beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan untuk trade show checklist Anda:
Trade Show Booth
- Pesan display grafis atau backdrop berkualitas tinggi. Grafis trade show booth Anda harus menyertakan panel grafis, poster, banner, bendera, tabletop display, signage atau format lainnya.
- Pastikan ketersediaan meja, kursi, karpet, tempat sampah dan hal lainnya.
- Minta aliran listrik atau internet
- Ciptakan skema pencahayaan
- Desain booth layout Anda.
- Cek ketersediaan semua alat elektronik dan peralatan pencahayaan, termasuk televisi, monitor, proyektor, perangkat lunak, video, audio hingga mikrofon.
Logistik Trade Show
- Buat salinan daftar keperluan trade show dan catatan lain untuk membantu Anda tetap sesuai jadwal
- Adakan gladiresik dan penjabaran lebih detil untuk memastikan anggota tim memahami bagaimana memasang trade show booth dan aksesorisnya, termasuk display dan barang yang sudah ada di daftar
- Buat jadwal untuk transportasi dan akomodasi
- Tinjau prosedur loading dan unloading
- Pesan seragam
- Pastikan bahwa trade show booth tetap terisi oleh karyawan
- Sediakan setiap karyawan yang berpartisipasi dengan binder yang berisi daftar semua trade show dan informasi yang relevan, termasuk nomor ponsel, diagram booth, instruksi, jadwal.
- Menentukan fotografer trade show untuk mengambil momen penting di trade show.
Perencanaan sebelum acara dan promosi
- Amankan nama para pengunjung setidaknya 2 bulan sebelum trade show dimulai
- Desain kartu pos untuk dikirimkan kepada para pengunjung 6 dan 2 minggu sebelum acara. Kartu pos ini harus menyertakan nama perusahaan, nomor trade show booth dan juga alasan kenapa para pengunjung mesti datang ke trade show booth Anda.
- Promosikan trade show Anda melalui website, channel media sosial, blog, email dan bentuk komunikasi lainnya.
- Buat daftar lain dari para pengunjung yang harapkan untuk temui. Pertimbangkan untuk membuat paket informasi untuk orang-orang ini atau hadiah yang unik kepada mereka.
- Pesan hadiah branded dalam jumlah kecil untuk para pengunjung trade show booth Anda serta hadiah branded lebih besar untuk pengunjung kunci yang Anda jadwalkan untuk bertemu.
- Buat slideshow presentasi, video dan demonstrasi lainnya untuk ditunjukkan kepada konsumen prospektif.
Membuat sebuah checklist yang sesuai untuk trade show Anda bisa memudahkan perjalanan Anda untuk menghasilkan trade show yang berhasil. Selain checklist yang matang, Anda juga membutuhkan jasa pembuatan trade show booth yang bisa mewujudkan ini semua, di sinilah peran Quickprint Indonesia akan sangat membantu Anda dalam menghasilkan trade show booth yang memukau.
TAGS :
trade show
tips