Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Apa Sebenarnya Keuntungan Digital Printing?

19 Dec 2018 Article

Di industri printing saat ini, keberadaan digital printing sudah semakin menjamur dan merajalela. Selain karena praktis, metode offset printing yang sudah semakin tua dan membutuhkan plat dan berbagai proses lainnya membuat perlahan metode ini semakin berkurang. Di sisi lain, digital printing tidak memerlukan plat dan langsung mencetak ke materi yang digunakan.
 
Offset printing memang dikenal memiliki kualitas sedikit lebih baik di atas digital printing, tapi biaya yang dikeluarkan tidak murah apalagi jika Anda tidak mencetak dalam skala yang besar. Inilah celah yang bisa dimanfaatkan oleh digital printing, lalu apa sebenarnya keunggulan digital printing?
 
Eco-friendly
Meskipun tetap melibatkan tinta dan beberapa bahan kimia, digital printing tidak melalui prosedur pre-press jadi tidak membutuhkan plat, ekstra bahan kimia sekaligus ekstra materi. Dengan mencetak langsung ke medium yang diinginkan maka banyak biaya yang bisa disimpan.
 
Ringkas dan cepat
Sekali lagi, tanpa prosedur pre-press dan plat, waktu persiapan akan bisa ditekan dan Anda tentunya bisa mendapatkan hasil cetak lebih cepat daripada offset printing.
 
Tidak ada biaya dan persiapan di awal
Berbicara tentang persiapan, tidak ada tambahan untuk menggunakan plat di digital printing, jadi Anda bisa menyimpan uang jika Anda hanya mencetak dalam jumlah yang kecil.
 
Pencetakan dalam skala kecil
Jika Anda ingin mencetak ratusan atau ribuan dokumen, biaya yang dikeluarkan untuk offset printing mungkin tidak adil. Ini berbeda dengan digital printing yang bisa mencetak dalam beberapa batch dan tidak perlu khawatir untuk biaya yang dikeluarkan.
 
Ubah cetakan
Offset printing pada dasarnya adalah mencetak plat ke materi pencetakan, yang berarti bahwa konten sudah pasti siap dan tidak bisa diubah. Sementara di digital printing, tidak ada hal seperti itu, Anda bisa dengan mudah mengubah tiap cetakan tanpa perlu ribet. Contohnya, Anda bisa mencetak nama berbeda di kartu undangan nikah, dengan satu area kecil yang diubah sementara sisanya tetap sama.
 
Akurasi
Dengan digital printing, Anda bisa mencetak sampel untuk mengecek akurasi warna sehingga nantinya, hasil cetakan Anda sesuai dengan apa yang Anda perkirakan. Di industri percetakan, terkadang mudah untuk warna berubah dan hal lainnya, tapi dengan offset printing, proses ini menjadi lebih sulit karena adanya perbedaan antara tinta dan air.
 
Jika keuntungan tentang digital printing di atas belum meyakinkan Anda, maka mungkin Anda perlu melihat contoh nyata bagaimana bagusnya digital printing, contohnya, Quickprint Indonesia. Pengalaman selama 8 tahun membuat Quickprint Indonesia menjadi digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

TAGS : Digital Printing Fun Facts

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below