Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Dampak Percetakan Kepada Lingkungan

25 Jun 2019 Article

Keberlangsungan atau sustainability adalah masalah yang vital di seluruh industri. Semakin banyak konsumen yang paham terhadap dampak lingkungan, banyak brand mulai menggabungkan tujuan komersial mereka dengan praktik yang lebih 'hijau'. Faktanya, banyak bisnis kini menganggap aspek sustainability sebagai bagian utama dari unique selling proposition atau penawaran yang unik


Kebutuhan komersial untuk 'go green' adalah sesuatu yang darurat. Untuk beberapa aspek, ini menjadi berita yang menyenangkan. Aspek negatifnya adalah bahwa informasi yang salah dan desas-desus dapat menyebar dengan cepat karena tren 'go green' dianggap populer.

Contohnya, dalam beberapa tahun terakhir banyak tempat kerja mulai menggalakkan gerakan tanpa kertas untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Padahal kenyataannya, kertas di tahun 2019 adalah salah satu produk paling sustainable di dunia.


Melewati mitos tentang kertas

Reputasi kertas yang bermasalah kerap didasari oleh asumsi salah seperti contohnya penebangan hutan. Berbanding terbalik dengan opini yang populer, produksi kertas sebenarnya tidak merusak hutan. Seperti industri lain, kertas dan percetakan harus beradaptasi dengan pertimbangan yang terus berkembang dan menjadi lebih efisien dan teruji untuk masa depan pada prosesnya.

Permintaan untuk materi yang sustainable berarti bahwa kertas yang bisa dilacak asalnya adalah sebuah praktik yang standar. Kertas bukan alasan utama hutan yang gundul seperti rumor yang beredar selama ini. Namun justru, perkebunan, pertambangan dan perkembangan properti adalah ancaman utama dari habitat di hutan.


Kertas yang serbaguna

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi perubahan iklim adalah dengan menggunakan lebih banyak kayu, bukan sebaliknya. Kayu adalah materi paling berlimpah dan mudah didaur ulang yang ada di muka bumi.

Misalnya, kertas dan kardus adalah materi yang bisa didaur ulang. Pada saat yang bersamaan, kedua materi ini sangat efisien dan biodegradable. mulai dari pohon, ke kertas, hingga daur ulang dan pada akhirnya tempat sampah, siklus hidup sebuah kertas adalah yang paling ramah lingkungan, yang diciptakan oleh manusia.


Kertas yang bisa dimakan

Beberapa brand sudah melakukan pendekatan untuk menjadi lebih ramah lingkungan dengan melakukan hal yang kreatif. Salah satunya kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang makanan menggunakan kertas kemasan yang bisa dimakan.


Seperti banyak industri lainnya, industri percetakan juga melakukan banyak revolusi guna menghadapi tantangan zaman, seperti yang dilakukan oleh Quickprint Indonesia yang menyediakan banyak materi promosi untuk kebutuhan Anda. Hubungi customer service kami untuk mengetahui materi promosi apa saja yang tersedia.

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below