Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Letter Signage

20 Feb 2019 Article

Karakteristik Letter Signage:
 
Ukuran:
 
Bahan/jenis:
 
Harga:
 
Apa itu signage?
Signage adalah desain atau penggunaan tanda atau simbol untuk mengkomunikasikan pesan kepada sebuah grup spesifik, biasanya dengan tujuan pemasaran atau advokasi yang ramah. Sebuah signage juga berarti sign kolektif atau bisa juga disebut sebuah grup. Istilah signage populer pada era 1975 sampai 1980.

Sign adalah segala bentuk grafis visual yang dibuat untuk menampilkan informasi kepada audiens khusus. Ini biasanya termanifestasi lewat bentuk informasi penunjuk arah di beberapa tempat seperti jalanan atau di dalam dan luar gedung. Signage beragam dalam bentuk dan ukuran tergantung lokasi dan tujuan, mulai dari yang mahal seperti banners, billboards, dan mural, hingga yang lebih kecil seperti rambu jalan atau nama jalan. Beberapa signage tipe baru juga mulai bermunculan seperti display digital dan elektronik.
 




Tujuan utama dari signage adalah berkomunikasi, menyampaikan informasi yang telah dirancang untuk membantu penerima dalam memutuskan berdasarkan informasi yang telah diberikan. Alternatifnya, signage promosi bisa juga didesain untuk membujuk penerima pesan untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Signage berbeda dari labeling, yang menyampaikan informasi terkait produk atau jasa khusus.
 
Definisi dan etimologi
Istilah 'sign' berasal dari bahasa Prancis kuno, signe (kata benda), signer (kata kerja), yang berarti gestur atau gerakan tangan. Ini berasal dari bahasa latin 'signum' yang mengindikasikan "tanda yang diidentifikasi, tanda, indikasi, simbol; bukti". Pada bahasa Inggris, istilah ini juga diasosiasikan dengan bendera . Di Prancis, sebuah spanduk tidak menjadi bagian dari signage pada abad pertengahan. Sign lebih dikenal lewat bentuk iklan yang dicetak atau diukir untuk toko, penginapan atau bioskop.




Istilah 'signage' muncul dan digunakan pada abad ke 20 sebagai kata benda kolektif untuk menjelaskan perbedaan kelas dari signage, terutama signage iklan dan promosi yang begitu menonjol pada dekade pertama abad ke 20. Kamus Oxford mendefinisikan kata signage sebagai "Tanda/plang kolektif, terutama signage komersial atau publik."
 
Peran dan fungsi signage:
Secara umum, signage atau signs mempunyai peran atau fungsi di bawah ini:
  • Penyediaan informasi: signage atau sign menyampaikan informasi tentang servis atau fasilitas, seperti peta, penunjuk arah, instruksi yang digunakan di museum, galeri, kebun binatang, taman dan kebun, ekshibisi, pertunjukan budaya untuk turis yang meningkatkan pengalaman konsumen.
  • Persuasi: signage promosi didesain untuk membujuk orang terkait manfaat sebuah perusahaan, produk atau brand.
  • Arahan/Navigasi: signage menunjukkan lokasi servis, fasilitas, ruang fungsional dan area kunci, seperti tiang signage atau panah penunjuk arah.
  • Identifikasi: signage mengidentifikasikan servis dan fasilitas, seperti nama dan nomor kamar, tanda toilet atau penunjuk yang ada di lantai.
  • Keamanan dan regulasi: signage juga bisa memberikan peringatan atau instruksi keamanan, seperti tanda berbahaya, rambu lalu lintas, tanda keluar. Signage keamanan dan regulasi mengindikasikan apa yang harus Anda lakukan pada keadaan darurat atau musibah alam.
  • Navigasi: bisa menjadi eksterior atau interior, intinya signage ini harus memberikan arahan kepada tamu di beberapa ruang publik seperti museum dan kebun binatang.
Memahami letter signage
Apakah Anda memikirkan tentang signage baru sebagai bagian dari toko Anda? Tapi Anda tidak terlalu yakin tentang pilihan yang ada atau bahkan tidak memahami terminologi yang ada? Untuk membantu Anda berikut penjelasan menyeluruh tentang letter signage dan kenapa Anda membutuhkannya.



 
Apa itu letter signage?
Letter signage adalah elemen grafis tiga dimensi dengan struktur tersendiri dan iluminasi yang terpisah. Secara sederhana, letter signage bisa apapun termasuk huruf, nomor dan karakter lainnya yang jika digabungkan dengan karakter lain, menjadi presentasi yang menarik. Tiap huruf dibuat menggunakan lapisan alumunium dan acrylic. Letter signage sangat fleksibel dan bisa dibuat dengan menggunakan berbagai jenis huruf, warna dan ukuran.



 
Apa saja tipe letter signage yang tersedia?
 
  • Front-lit letter signage: tipe pertama dan yang paling umum dari letter signage adalah front-lit atau letter signage standar. Sebuah front-lit letter signage terdiri dari materi acrylic, trim cap dan alumunium. Sekali lagi, pilihan yang tersedia sangat besar sehingga letter signage ini bisa di-custom lewat berbagai cara!
  • Reverse letter signage: Untuk tampilan berkelas dan unik, pertimbangkan untuk menggunakan reverse letter signage. Daripada menggunakan acrylic, reverse letter signage menggunakan permukaan besi dan lapisan alumunium, selain tentunya lapisan belakang polycarbonate setebal 1/8" atau 3/16". Huruf reverse letter signage sendiri secara umum lebih kecil, berkisar di angka 3.5". Berbagai huruf ini dipasang di atas 1.5" standoff sehingga ketika iluminasi terjadi, "halo effect" yang mengelilingi tiap bentuk huruf.
  • Combination-lit letter signage: Pernah berpikir untuk membuat signage yang permukaannya disinari dan membuat halo effect berwarna biru? Jika ini pernah tercetus di kepala Anda, maka combination-lit letter signage adalah jawaban yang cocok. Signage tipe ini menggunakan acrylic dengan ketebalan 3/16", dipasang dengan trim cap ke alumunium (biasanya dengan ketebalan 5"). Seperti reverse letter signage, combination-lit letter signage menggunakan materi lexan bening yang telah disesuaikan menggunakan grafis vinyl bening untuk membuat warna yang diinginkan.

TAGS : signage fun facts tips branding

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below