Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Neon Box

20 Feb 2019 Article

Karakteristik Neon Box:
 
Ukuran:
 
Bahan/jenis:
 
Harga:
 
Pengertian Neon signs
Pada industri signage, neon signs adalah tanda/plang elektrik dengan sinar yang berasal dari tabung debit gas yang mengandung neon tipis atau gas lainnya. Tabung ini paling sering digunakan untuk lampu neon, yang pertama kali didemonstrasikan pada era modern di Desember 1910 oleh Georges Claude di Paris Motor Show. Sebelum populer digunakan di seluruh dunia, plang/lampu neon telah lebih dulu populer di Amerika Serikat pada tahun 1920-1960.
Instalasi di Times Square, New York, yang didesain oleh Douglas leigh sangat populer dan ada hampir 2000 toko kecil di Amerika yang memasang plang/lampu neon di tahun 1940. Sebagai tambahan, selain signage, lampu neon juga sering digunakan oleh seniman dan arsitek dan dengan bentuk yang berbeda, di televisi plasma. Industri signage yang terus berkembang dalam beberapa tahun kedepan membuat banyak kota di dunia sedang mencari cara untuk merestorasi neon signage antik mereka. 
 
Sejarah
Neon sign adalah evolusi dari Tabung Geissler, yang adalah tabung kaca berisi gas yang tipis (tekanan gas di dalam tabung berada di bawah tekanan atmosfer). Ketika voltase diaplikasikan kepada elektroda yang dimasukan ke dalam tabung gelas, maka akan menghasilkan cahaya. Tabung Geissler lumayan populer di akhir abad ke 19, dan perbedaan warna yang dihasilkan merupakan karakteristik dari gas yang ada di dalamnya. Namun, salah satu kekurangan dari lampu Neon adalah mereka tidak cocok untuk penerangan; tekanan dari gas di dalam tabung merupakan alasannya.
 
Apa itu neon box?
Neon box atau bisa juga disebut dengan neon sign sudah begitu populer di dunia periklanan atau advertising. Sering digunakan sebagai media promosi atau identitas brand, neon box biasanya memiliki ruang kosong ditengah yang akan diisi oleh lampu neon untuk memberikan penerangan kepada grafis yang ada di depannya. Alat ini sangat berguna sebagai alat promosi bukan hanya saat malam hari, namun juga pada saat siang hari. Beberapa materi wajib dari neon box adalah backlit, vinyl, acrylic, colibrite, ultralon dan tentunya neon. Meskipun umumnya berbentuk kotak, persegi panjang maupun bulat, Anda juga bisa membuat neon box dengan bentuk custom sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
 
Komponen dari neon box
Untuk menjawab rasa penasaran Anda, ada 3 komponen utama dari neon box, yaitu:
 
Bagian depan neon box
cover atau bagian depan dari neon box terdiri dari dua komponen yaitu acrylic dan juga vinyl atau juga flexy. Materi flexy yang ada di Quickprint Indonesia sendiri ada 3 jenis, Korean flexy, Germany flexy dan China flexy.
Sementara untuk cover, Anda mempunyai dua pilihan, jika memilih materi acrylic, maka neon box yang Anda punya harus berukuran standar karena acrylic akan menyesuaikan dengan boksnya, sementara jika vinyl yang menjadi sampul, maka Anda bisa memiliki ukuran sesuai dengan yang Anda inginkan.
Bagian depan ini menjadi wadah untuk Anda untuk menyampaikan pesan lewat gambar. Entah itu nama toko, penyampaian sebuah jenis produk atau identitas dari perusahaan tersebut.
 
Bagian samping neon box
Sementara bagian samping dari neon box adalah mengenai ketebalan yang biasanya disesuaikan dari bidang neon box itu sendiri. Ini berguna untuk menyesuaikan tingkat pencahayaan yang sesuai dari neon box. Terkait pencahayaan, cahaya di dalam gambar atau di belakang cover bisa juga disebut dengan nama backlite.
 
Kerangka neon box
Bagian ketiga yaitu kerangka neon box, biasanya terbuat dari besi. Semakin besar ukuran neon box, maka semakin besar juga kerangka yang digunakan. Untuk materi, biasanya menggunakan besi holo atau besi siku. Proses pemasangan neon box sendiri biasanya diklem atau digantung pada area yang diinginkan.
 
Manfaat neon box
Sebagai materi promosi, neon box juga harus memberikan informasi kepada para konsumen atau orang yang lewat, baik itu siang hari atau malam hari. Ini karena seperti yang telah disinggung di atas, di dalam box terdapat instalasi lampu yang menerangi sehingga memudahkan pesan yang Anda punya terbaca dengan fungsi tambahan menjadi lampu penerangan untuk jalan di sekitarnya.


 

Jenis-jenis neon box
 
Acrylic neon box
Jenis neon box pertama adalah neon box berbahan dasar acrylic. Karena menggunakan acrylic, maka karakteristiknya bisa dilihat seperti gabungan dari kaca dan plastik. Salah satu ciri khas dari neon box acrylic adalah sifat plastiknya yang lentur dan mudah ditembus cahaya. Dengan dua ciri khas tersebut, maka neon box acrylic tidak mudah pecah.
Dari karakteristik tersebut, jelas bahwa acrylic neon box bisa menjadi pilihan terbaik sebagai materi promosi. Tapi, salah satu kekurangan dari bahan acrylic ini adalah karena menggunakan acrylic maka neon box ini relatif mahal. Saat ini, neon box akrilik susu menjadi salah satu jenis yang terlaris.
 
Duratrans neon box
Banyak orang yang beranggapan bahwa neon box adalah alat promosi yang berkelas dan menarik jika dibandingkan dengan materi promosi lain, hal ini tentu bukan alasan karena sebagai materi promosi, neon box menggunakan teknik percetakan digital atau digital printing dengan menggunakan materi vinyl. Tapi bukan hanya vinyl, materi duratrans juga memiliki penampilan berkelas terlepas dari materinya yang tipis. Untuk masalah harga, duratrans neon box relatif mahal karena materinya yang lebih kuat. Satu hal yang perlu Anda catat adalah duratrans neon box dianjurkan untuk indoor display, karena paparan sinar matahari bisa dengan cepat merusak neon box jenis ini.
 
Vinyl neon box
Jenis neon box terakhir adalah vinyl neon box. Salah satu karakter vinyl neon box adalah harganya yang murah. Sementara wujud fisik dari vinyl neon box terlihat seperti lembaran kain yang dipadukan dengan materi semi plastik yang sering disebut dengan flexy. Untuk flexy yang sering digunakan di vinyl neon box adalah backlite flexy. Materi flexy ini memiliki sifat untuk meneruskan cahaya, jadi jika vinyl neon box terkena paparan matahari, maka warna yang ditonjolkan akan lebih kuat.
Kelebihan dari vinyl neon box adalah eksekusinya yang mudah, sehingga konsumen yang menginginkan layout foto atau gambar sangat cocok untuk memilih tipe neon box yang satu ini.
Sementara kekurangan dari vinyl neon box adalah terkait dengan daya tahan. Tidak bisa dipungkiri, jika tinta vinyl neon box bisa pudar seiring dengan paparan sinar matahari dan guyuran hujan.

TAGS : fun facts tips signage neon box

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below