Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Panduan Cetak Poster Ala Desainer

28 Feb 2019 Article

Membuat desain digital ke dunia nyata bisa sulit dan menantang. Terkadang, kita terlalu fokus kepada dunia digital sampai lupa bagaimana menyiapkan dokumen untuk dicetak. Itulah kenapa Anda memerlukan panduan untuk mencetak materi promosi terutama poster. Untuk memastikan bahwa Anda mengambil langkah yang sesuai, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.
 
Desain atau konversi menggunakan warna CMYK
Jika Anda memproduksi desain Anda sendiri dengan keinginan untuk mencetaknya, maka Anda harus mengubahnya menjadi format warna CMYK daripada RGB. Atau jika Anda sudah terlanjur mendesain di warna RGB, pilihan konversi selalu tersedia untuk Anda.
 
Gunakan vektor jika mungkin
Ketika berbicara pencetakan, terutama dalam format besar, vektor adalah sahabat Anda. Coba untuk mendesain di program berbasis vektor seprtti Adobe Illustrator. Bukan hanya mereduksi ukuran dokumen, tapi juga memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas.
 
Bekerja dengan format 300 DPI
Salah satu kendala yang mempelambat proses mencetak adalah dokumen yang dikirim balik karena resolusinya terlalu kecil. Dokumen yang ingin dicetak harus disetel di angka 300 DPI (dots per inch). Dengan bahasa yang sederhana, semakin banyak titik yang membuat gambar, semakin besar resolusinya. Banyaknya titik akan berbanding lurus dengan hasil cetakan itu sendiri.


 
Pilih kertas Anda
Ukuran cetakan poster yang populer adalah A2(594mm x 420mm), A3 (420mm x 297mm) dan A4 (297mm x 210mm). Pilihan dan berat kertas bisa didiskusikan dengan jasa percetakan Anda, tapi 170gsm silk atau gloss art atu 150gsm merupakan pilihan yang bagus.
 
Siapkan dokumen PDF
Siapkan dokumen siap cetak Anda dalam format PDF walaupun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan format JPGs jika resolusinya cukup besar. Tapi satu hal yang perlu Anda catat, hasil dokumen Anda bisa terpotong di pinggir atau warna bisa berubah.
 
Pilih jasa pencetakan yang tepat
Jasa percetakan memiliki tingkat keterampilan dan profesionalitas yang berbeda, jadi penting bagi Anda untuk memahami percetakan dengan rekomendasi perorangan atau lewat riset yang mendalam.
 
Sebagai salah satu digital printing terbaik di Jakarta, Quickprint Indonesia dengan senang hati mencetak poster atau materi promosi lain yang membutuhkan cetakan berformat besar. Itulah kenapa, jika Anda membutuhkan jasa pencetakan yang bisa dipercaya, jangan ragu untuk menghubungi kami.

TAGS : digital printing fun facts tips branding

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below