Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Perbedaan Huruf dan Jenis Huruf

05 Jul 2019 Article

Debat antara huruf dan jenis huruf atau font dan typeface adalah pengingat bahwa terminologi industri berubah secara bertahap seiring berjalannya waktu. Dalam beberapa waktu, 2 kata ini digunakan secara bergantian dan tidak menyebabkan masalah. Tapi dalam level teknis, kata 'huruf' dan 'jenis huruf' memiliki arti yang berbeda dan, tergantung dari konteksnya, jika Anda menggunakannya secara tidak tepat, maka Anda akan menyebabkan masalah.

Dengan fakta ini, mari melihat sejarah dari huruf dan jenis huruf dan apa hubungannya dengan tipografi dan desain grafis, sehingga tidak lagi memicu perdebatan.

Huruf dan jenis huruf: Apa perbedannya?

Perbedaan utama antara 'huruf' dan 'jenis huruf' adalah yang pertama merupakan bagian dari yang kedua. Helvetica adalah jenis huruf, satu set karakter sans serif dengan desain yang serupa. Namun, helvetica terdiri dari beberapa koleksi huruf, dengan masing-masing memiliki berat, gaya dan ukuran yang spesifik, serta level kepadatan dan juga versi italic-nya.

Karena kebanyakan desainer grafis biasa bekerja dengan Mac, dimana Anda menginstal huruf dan memilih huruf tersebut dari menu huruf, kita cenderung menggunakan kata huruf dalam percakapan sehari-hari, namun jika Anda ditanya oleh sutradara eksekutif kreatif tentang huruf apa yang digunakan di sebuah proyek, kemungkinan besar mereka ingin mengetahui detil yang persis. Helvetica akan menjadi jenis huruf yang digunakan oleh proyek, tapi huruf yang digunakan mungkin Helvetica Regular 9 Point. Dalam konteks tertentu, bukan hanya ketika Anda berbicara kepada tipografer yang dikenal dengan akurasinya, mengetahui huruf dengan tepat sangatlah penting.

Panduan brand adalah kasus lainnya ketika desainer harus bisa mengidentifikasi jenis huruf dalam ukuran dan berat tertentu untuk mendukung nilai estetik brand yang ingin disampaikan.

Namun, dalam beberapa kondisi, bahkan desainer berpengalaman tidak bisa membedakan huruf dan jenis huruf secara langsung, sehingga penting untuk menggarisbawahi perbedaan ini.

Huruf dan jenis huruf: sejarahnya

Perbedaan antara huruf dan jenis huruf telah menjadi bagian dari sejarah percetakan. Kata huruf (font) sendiri diambil dari zaman pertengahan Prancis 'fonte', yang berarti menuangkan ke dalam logam. Mesin cetak yang dituang akan menghasilkan beberapa huruf besi untuk menghasilkan sebuah huruf. Huruf dengan desain yang umum akan menciptakan jenis huruf.

Huruf dan jenis huruf bisa menjadi bekal bagi Anda, khususnya desainer grafis, untuk tampil sedikit lebih profesional. Berbicara tentang profesional, jika Anda membutuhkan jasa untuk mencetak hasil desain Anda, termasuk di dalamnya huruf, segera hubungi Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

TAGS : brand font font types articles

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below