Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2022 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Prinsip Desain oleh Dieter Rams

15 Apr 2019 Article

Desain telah menjadi bagian dari hidup manusia sejak lama, dan desain yang bagus akan memberikan dampak yang signifikan untuk berbagai kebutuhan. Itulah kenapa penting untuk membuat desain yang baik, seperti yang diungkapkan oleh Dieter Rams.
 
Lalu siapa sebenarnya Dieter Rams? Ia adalah desainer dan akademisi asal Jerman yang sudah pensiun. Ia menekankan bahwa tujuan dari sebuah obyek, seperti contohnya pisau cukur untuk rambut, sangat ditentukan oleh desainnya. Setiap keputusan untuk sebuah obyek (bentuk, tekstur dan biaya) dibuat untuk memaksimalkan kapasitas obyek untuk memenuhi tujuan awalnya. Untuk mengenal Dieter lebih dalam, berikut prinsip desain yang dibuat oleh Dieter Rams.


 
Desain yang bagus adalah yang inovatif
Dieter percaya bahwa desain yang baik adalah turunan. Desain yang ada harus menekan pemahaman kita tentang sebuah obyek. Itu kenapa, kita harus mengambil pengalaman langkah demi langkah dengan interaksi kepada berbagai macam desain.

Segala yang Anda lihat telah disentuh oleh tangan manusia, dan desain yang ada memiliki sebuah tujuan. Jika tidak berkembang terus menerus, maka kita mempunyai risiko stagnansi dan penolakan.
 


Desain yang bagus membuat produk berguna
Mengambangkan lebih dari fungsi sebuah produk, Dieter menekankan bahwa produk yang didesain dengan baik akan memengaruhi identitas, persepsi dan sifat psikologi.
Contohnya, orang banyak membeli mobil mahal untuk menggambarkan bahwa diri mereka kaya. Mereka mendefinisikan diri mereka melalui apa yang dimiliki. Ini terkesan dangkal namun ini yang terus menerus kita lakukan.



Desain yang bagus yang estetis
Kemurnian adalah sesuatu yang atraktif. Dieter percaya bahwa desainer yang efektif harus menghilangkan hal lain dari sebuah obyek sampai yang tersisa hanya fungsinya. Dieter percaya bahwa hiasan tidak estetis karena tidak menekankan fungsi dari sebuah obyek.
 


Desain yang bagus membuat produk mudah dimengerti
Obyek yang simpel bisa menjelaskan segalanya dengan mudah. Tapi obyek yang lebih kompleks seperti ponsel pintar membutuhkan apa yang disebut oleh Dieter 'signifiers' yang bertugas sebagai sinyal untuk menjelaskan bagaimana mengoperasikan sesuatu. Contohnya adalah fitur buka kunci dari iPhone. Kombinasi dari bayangan di belakangan dengan panah dan boks abu-abu membuatnya proses sliding sangat efektif.
 
Prinsip yang diberikan oleh Dieter Rams tidak berhenti sampai di sini, jadi untuk mendapatkan manfaat dari prinsip yang dikemukakan oleh Dieter Rams, stay tune di Quickprint Indonesia ya!

TAGS : fun facts tips tips desain

Recent Articles
Apa yang Signage Bisa Lakukan?

14 Jul 2022

Memilih Signage yang Berkualitas

14 Jul 2022

Cara Inspiratif Menggunakan Decals

14 Jul 2022

Kebutuhan Signage untuk Bisnis Anda

25 May 2022

LED vs. Neon Box - Apa Bedanya?

24 May 2022

24 May 2022

Apa Saja Pertimbangan untuk Desain dan Penempatan Custom Signage?

Memaksimalkan custom signage yang efektif adalah cara yang tepat untuk membuat fondasi branding yang solid dan aman untuk membangun brand-recognition.

22 May 2022

5 Cara Membuat Booth yang Spektakuler Bersama Jasa Pembuat Booth Terbaik

Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat booth Anda menarik di bawah ini!

20 May 2022

Bagaimana menyiapkan Booth Pameran yang Baik?

Desain booth pameran yang berbeda akan memegang peranan penting dalam sebuah ekshibisi.

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below