Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Psikologi Warna Bagian Kedua

08 May 2019 Article

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas cerita atau nilai psikologi dari sebuah warna. Beberapa warna yang telah dibahas sebelumnya adalah warna merah, hijau dan kuning. Namun, untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang warna dan kebutuhannya di dunia desain, berikut beberapa warna lain dan psikologi di baliknya.
 
Biru
Biru biasanya diasosiasikan dengan pengetahuan, ketenangan, ketidakbatasan, istirahat, formalitas. Selain itu, warna biru juga diasosiasikan dengan langit, laut dan es. Warna biru selalu menjadi simbol dari kejujuran dan kemurnian.
 
Respon emosional
Biru diumpamakan sebagai sesuatu yang menguntungkan untuk pikiran dan tubuh. Warna biru juga memperlambat metabolisme manusia dan memproduksi efek menenangkan. Biru juga sangat kuat diasosiasikan dengan ketenangan, secara garis besar, biru digunakan sebagai simbol ketenangan dan ketentraman.



 
Penggunaan dalam dunia desain dan iklan
Anda bisa menggunakan warna biru untuk mempromosikan produk dan jasa terkait kebersihan (termasuk filter saringan air dan vodka), bisa juga untuk udara dan langit (maskapai penerbangan, bandara dan pendingin udara), air dan laut (air mineral). Kebalikan dari warna yang hangat seperti merah, oranye dan kuning; biru dihubungkan dengan kesadaran dan kecerdasan. Gunakan warna biru untuk memberikan sugesti tentang sesuatu yang presisi ketika Anda menjual produk berteknologi tinggi. Biru tua juga bisa diasosiasikan dengan kedalaman, tenaga ahli dan stabilitas: warna ini menjadi warna favorit dalam dunia desain.
 
Hitam
Kematian, sedih, rasa menyesal, jahat, berbelasungkawa. Warna hitam mewakilkan kekuatan dan otoritas: warna ini terkesan sangat formal, elegan dan presitisus (contohnya adalah dasi hitam dan mobil hitam)
 
Respon emosional
Warna hitam adalah warna yang misterius dan diasosiasikan dengan rasa takut dan rasa tidak tahu. Warna ini biasanya memiliki konotasi yang negatif seperti blacklist, black humor dan black death.


 
Penggunaan dalam dunia desain dan iklan
Warna hitam memberikan kesan sudut pandang dan kedalamanan, tapi jika dijadikan latar belakang atau layout, warna hitam bisa membuat teks sulit dibaca. Untuk fesyen, setelan atau gaun hitam bisa membuat Anda terlihat lebih kurus. Ketika Anda mendesain untuk galeri seni atau fotografi, Anda bisa menggunakan warna hitam atau abu-abu sebagai background untuk menonjolkan warna yang lain.
 
Putih
Salju, kelezatan, kemurnian, dingin, damai, kebersihan, elegan, kemenangan, iman. Sementara dalam perang, putih berarti menyerah
 
Respon emosional
Putih diasosiasikan dengan kebaikan, kepolosan dan keperawanan. Warna ini dianggap sebagai warna yang sempurna. Putih berarti keamanan, kemurnian dan kebersihan. Kebalikan dari warna hitam, warna putih biasanya memiliki konotasi yang positif. Putih bisa merepresentasikan awal yang berhasil.


 
Penggunaan dalam desain dan periklanan
Di dunia iklan, warna putih diasosiasikan dengan ketenangan dan kebersihan karena warna sama dengan salju. Anda bisa menggunakan warna putih untuk memberikan sugesti pada produk yang canggih. Warna putih juga pilihan yang sesuai untuk organisasi amal; karena malaikat biasanya menggunakan pakaian putih. Warna ini juga diasosiasikan dengan rumah sakit, dokter dan sesuatu yang steril. Jadi, Anda bisa menggunakan warna putih untuk memberikan sugesti keamanan ketika mempromosikan produk medis.
 
2 seri artikel psikologi warna ini akan sangat berguna, terutama bagi desainer grafis yang bingung untuk menentukan warna terbaik untuk materi promosi Anda. Jika desain Anda sudah jadi, hubungi Quickprint Indonesia untuk mencetaknya dalam berbagai materi promosi yang Anda inginkan.

Recent Articles
Peran flyer dalam bisnis raksasa kopi

30 Apr 2024

Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

02 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

Artikel ini membahas sepuluh alasan mengapa branding memegang peranan penting bagi keberlanjutan dan pertumbuhan sebuah bisnis.

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below